Komisi II DPRD Kalteng Usulkan Pencabutan Larangan Ekspor Rotan

Foto : Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, H Sudarsono, SH

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, H Sudarsono SH menyampaikan hasil kunjungan ke Kementrian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dimana, salah satu hal yang disampaikan ialah berkenaan dengan usulan pencabutan larangan ekspor rotan mentah.

H Sudarsono SH mengatakan, saat melakukan kunjungan ke luar daerah, yakni ke Kemendag RI, pihaknya meminta agar pihak kementrian dapat mempertimbangkan untuk mencabut larangan ekspor rotan mentah.

“Kita berharap, agar pihak Kemendag RI, dapat mempertimbangkan usulan untuk mencabut larangan ekspor rotan. Karena, dengan adanya larangan ekspor rotan mentah tersebut, akan sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, terutama para petani rotan di Kalteng,” Ucap Politisi Partai Golkar Kalteng ini, Senin (16/03).

Sambung H Sudarsono SH, begitu adanya larangan ekspor rotan mentah, maka itu berdampak pada anjloknya harga rotan, dari dulu hingga sekarang ini. Sebagaimana untuk diketahui harga rotan di tingkatan petani, saat ini berkisar antara Rp. 3.000 per kilogram.

“Saat disana, disampaikan oleh pihak kementrian, memang  sudah ada pemikiran, ternyata tidak hanya di daerah kita, tapi daerah lain pun juga ada yang menyampaikan hal yang sama. Dan, diperkuat lagi oleh Kalteng,” Katanya.

Pihak kementrian memang ada rencana untuk merevisi larangan ekspor tersebut, lanjut H Sudarsono SH mengatakan, itu akan direvisi dari rotan mentah, dengan memperbolehkan ekspor bahan rotan setengah jadi.

Namun, saat ini pihak kementrian masih berkutat pada pembahasan definisi bahan rotan setengah jadi itu sendiri. Hal itu lah, yang saat ini sedang dibahas oleh pihak Kemendag RI.

“Kita berharap, agar itu bisa segera selesai dan direalisasikan. Sehingga, dengan demikian itu akan membawa dampak pada peningkatan perekonomian masyarakat, terlebih khusus bagi para petani rotan di Kalteng,” Pungkas H Sudarsono,SH.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: