Pemkot Inginkan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Libatkan Semua Pihak

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Permasalah narkoba, menjadi salah satu perhatian serius pemerintah daerah (Pemda), beserta jajaran unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) di Indonesia. Dimana, permasalahan tersebut ternyata juga menjadi perhatian serius dari Pemko dan Forkompinda Kota Palangka Raya.

Kepada awak media, Wakil Walikota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah mengatakan, sebenarnya penyalahgunaan narkoba tidak akan terjadi, bila tidak ada pemasok barang haram tersebut.

Menurutnya, jalur perairan atau sungai lebih rawan menjadi akses keluar masuknya barang haram tersebut. Sehingga baik dinas maupun forkopimda juga jangan lengah untuk memantau keluar masuknya barang di daerah perairan.

Lanjutnya, untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba pihaknya gencar melakukan sosialisasi. Yang dilakukan melalui Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti puskesmas terhadap bahaya penggunaan narkoba.

Umi berharap, dengan adanya rakor yang dilakukan baru-baru ini dapat memperkuat sinergi antar pemerintah daerah dengan forkopimda, untuk bisa lebih memperketat pengawasan terhadap daerah yang rawan menjadi akses masuknya narkoba.

Pencegahan penyalahgunaan narkoba seharusnya dilakukan oleh keluarga terdekat, seperti orang tua yang harus mengawasi dan mengontrol pergaulan anaknya serta memberikan pemahaman tentang bahaya mengkonsumsi narkoba.

“Usia remaja adalah usia pertumbuhan yang dimana rasa ke ingin tahuan yang tinggi sehinga harus di awasi dengan ketat pergaulannya,” katanya, minggu (8/3)

Maka dari itu, dia menyarankan agar orang tua dan guru-guru di sekolah, bisa memberikan masukan atau mengarahkan anak-anak ini pada kegiatan yang positif. Seperti olahraga, bermain musik dan lain-lain.

“Mari kita bersama-sama menjaga generasi penerus bangsa, melalui pengawasan dan pembimbingan sejak dini,” Tutup Wakil Walikota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: