Sensus Penduduk 2020, Ketua DPRD Kalteng Berharap Partisipasi Masyarakat

Foto : Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno ketika berada diruang kerjanya. 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Sebagaimana diketahui bersama, Badan Pusat Statistik (BPS) se Indonesia secara serentak melaksanakan sensus penduduk tahun 2020. Adapun slogan sensus penduduk yang diusung pada tahun ini, ‘Mencatat Indonesia’.

Dalam pelaksanaan sensun penduduk kali ini ada yang berbeda, selain dengan cara manual (wawancara), sensus penduduk pada tahun ini, dapat dilakukan dengan cara online, yakni dengan mengakses dan mengisi formulir yang tersedia di website resmi BPS, yaitu sensus.go.id.

Berkenaan dengan pelaksanaan tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Wiyatno SP menghimbau kepada masyarakat Kalteng dimanapun berada agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Secara pribadi maupun lembaga, mengingatkan masyarakat Kalteng, agar dapat berpatisipasi. Dan, menyediakan waktunya untuk mengisi formulir data kependudukan, baik itu secara online ataupun secara manual wawancara,” ucap Wiyatno SP, Rabu (19/02) kemarin.

Sensus penduduk sangatlah penting diikuti, lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, karena melalui pengisian data kependudukan, akan berpengaruh pada berbagai program kebijakan pemerintah pusat, maupun daerah kedepannya.

“Oleh sebab itu, kembali lagi saya mengingatkan, agar masyarakat dapat secara aktif untuk berpartisipasi mengikuti sensus penduduk. Dan mengisi formulir yang tersedia, sebab ini akan menentukan masa depan kita, terutama berkenaan berbagai kebijakan, yang didasarkan pada data kependudukan,” terangnya.

Ketua DPRD Kalteng ini berharap, pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, di Kalimantan Tengah dapat terlaksana dengan lancar. Serta, kesuksesan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, menjadi tanggungjawab bersama, baik itu pemerintah, petugas lapangan, dan masyarakat itu sendiri.

Sebagai informasi tambahan,  untuk pelaksanaan sensus penduduk secara online, dilaksanakan secara resmi dilaksanakan mulai hari Sabtu 15 Februari sampaidengan 31 Maret 2020 mendatang. Kemudian, sensus penduduk manual dengan cara wawancara dilakukan pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020 kedepan.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: