Sebanyak 15 Kepala Desa Terpilih Resmi Dilantik

Foto : Bupati Bartim Ampera Ay Mebas Melantik Sejumlah Kades Terpilih

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Sebanyak 15 kepala desa (Kade) yang baru terpilih dari Kecamatan Pematang Karau, Kecamatan Paju Epat, Kecamatan Awang, Kecamatan Patangkep Tutui dan Kecamatan Benua Lima resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Bupati Barito Timur,  Ampera Ay Mebas. Dalam acara pelantikan bertempat di Gedung Pertemuan Umum Muntawara, dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Timur, Sekertaris Daerah, Asisten I Asisten III Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, dan Perwira Penghubung 1012 Buntok.

Dalam sambutanya Ampera mengatakan bahwa Kades wajib memperhatikan kedudukan tugas dan fungsinya. kedepanya memiliki kewenangan sebagai kepala desa yang amanah dan juga siap menjalankan tugas abdi negara.

Menurut Ampera, pelantikan pada hari ini sangat penting dalam rangka mengawal pemerintah desa secara maksimal.

“Dengan demikian, pemerintah desa yang sudah dilantik dapat menentukan kewenangannya, terlebih dalam perencanaan dan sistem pemerintah desa kedepanya” katanya.

Menurutnya, kewenangan desa perlu dilakukan secara mandiri, kewenangan yang dimaksud adalah meliputi memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa dan tugas lainya.

Dijelaskan Ampera, setiap tugas yang dikerjakan tentu berdasarkan kebijakan yang, ditetapkan bersama BPD setempat, dengan mengajukan rancangan dan penetapan peraturan desa yang telah dibahas.

“Kepala Desa berkewajiban menyusun dan mengajukan rancangan peraturan desa mengenai APBDes, dan termasuk penggunaan dana desa yang ditujukan bagi peningkatan produktivitas dan pendapatab masyarakat,” ungkap Ampera.

Dirinya berharap, agar pemerintah desa sudah saatnya hadir dalam membina kehidupan masyarakat dan membina perekonomian desanya masing-masing. Contoh dengan mengkordinir pembangunan di masing-masing desanya dengan cara partisipatif. 

Ampera mengingatkan, agar kedepanya semua kades agar selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan karena apabila salah mengambil keputusan bisa fatal.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: