Jadikan Mahasiswa Mandiri, UPR Kembangkan Kolam Pembelajaran

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Sebagai salah satu bentuk uji coba, sekaligus pengembangbiakan dan budidaya ikan lele, Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi melakukan ujicoba penebaran 3.000 bibit ikan lele, di kolam pembelajaran Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian (FAPERTA) UPR, belum lama ini.

“Pentingnya uji coba budidaya ikan lele ini, untuk mengajak mahasiswa, dimana dalam kesempatan ini, ialah mahasiswa afirmasi asal Papua, yang juga merupakan mahasiswa Jurusan Perikanan  FAPERTA UPR, agar dapat mengimplementasikan keilmuannya, yang didapat selama di perkuliahan,” kata Dr Andrie Elia SE MSi, saat dibincangi redaksi BeritaKalteng.com, belum lama ini.

Sambung Dr Andrie Elia, untuk perawatan dan pemeliharaan secara rutin benih ikan lele tersebut, selanjutnya diserahkan kepada mahasiswa Afirmasi asal Papua.

“Dan, diharapkannya, melalui kolam pembelajaran yang ada di halaman Jurusan Perikanan FAPERTA UPR ini, maka mahasiswa dapat benar-benar bisa mempraktikan, konsep teori mata kuliah di jurusan perikanan, yang didapat sewaktu kuliah, dengan praktik implementasi di lapangannya,” terangnya.

Timpalnya, lele dumbo yang ditabur ini, diharapkan paling lama sekitar 75 hari kedepan, hasilnya sudah bisa dipanen. Jika perhitungan tepat, maka akan menghasilkan produksi ikan lele dumbo sekitar 225 ribu kilogram.

“Selain itu pula,  ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mahasiswa, sekaligus sebagai upaya mempersiapkan mereka, agar bisa mandiri dan memiliki kompetensi di bidang perikanan.”

“Bahkan, apabila mereka melakukan ini bersungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan, dikemudian hari mereka bisa menjadi seorang pengusaha di bidang perikanan darat,” Imbuh Rektor UPR Dr Andrie Elia.

Ditambahkannya, ini dilakukan sebagai langkah awal uji coba, karena kedepannya UPR,  pada tahun 2020 mendatang akan mengembangkan kolam ikan berskala besar, yang rencananya itu, akan dilakukan seiring sejalan dengan pembangunan gedung inovasi gambut. Sebagaimana site plan dan perencanaan strategis kampus, dalam rangka menuju UPR Jaya Raya,”pungkasnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: