Foto :

BPBD Kotim Himbau Masyarakat Waspada saat Musim Hujan

Foto : Ilustrasi (dok. beritakalteng.com)

Beritakalteng.com, SAMPITBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur (Kotim) memprediksikan ada lima kecamatan di Kotim yang rawan banjir saat musim hujan tiba yakni Kecamatan Bukit Santuai, Kota Besi, Cempaga, Mentaya Hulu dan Antang Kalang. 

Untuk itu BPBD Kotim mengimbau kepada masyarakat waspada saat musim hujan terutama daerah di pinggiran sungai. Termasuk yang berada di wilayah utara. Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksanan (Plt) BPBD Kotim Muhammad Yusuf.

“Terkait kecamatan atau desa yang banjir ini memang sudah terbiasa jika banjir datang. Bahkan banjir ini memang setiap tahun selalu saja datang dan warga mengatasinya dengan cara membuat rumah panggung atau membangun rumah di dataran tinggi,” jelasnya, kamis (07/11/2019).

Muhammad Yusuf mengingatakan, selain banjir juga potensi berbagai penyakit akan bermunculan, sehingga perlu diperhatikan pola hidup sehat dan bersih.

“Jika kita siap akan datangnya pergantian musim seperti ini, tentu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Kita juga berharap tidak ada hal yang negatif jika datang musim hujan,” terangnya.

Selain itu, sangat penting untuk melakukan sosialisasi kepada warga dampak dari banjir jika terjadi. Dengan adanya sosialisasi juga kehadiran dinasnya kebeberapa desa atau kecamatan yang berdampak banjir, tentu akan membuat warga bisa lebih waspada dan lebih siap siaga lagi dalam menyikapi banjir yang selalu datang.(*) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: