Wiyatno : Perhatikan Situs Budaya Daerah

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Keberadaan situs bersejarah di Kalteng juga mendapat perhatian serius dari Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno. Menurut dia situs budaya yang menyimpan sejarah harus dipelihara secara berkseinambungan.

“Situs budaya itu merupakan kekayaan yang kita miliki, karena menyimpan nilai sejarah dan makna yang tinggi. Sehingga generasi penerus bangsa yang ada di Kalteng bisa mengenal dan belajar dari situs itu,” kata Wiyatno belum lama ini.

Menurut dia, Kalteng memiliki banyak situs budaya seperti rumah betang yang telah berusia tua.

“Banyak filosofi yang terkandung di dalam rumah betang. Selain itu banyak pula hal-hal yang dapat dipetik dalam rumah betang,” kata dia.

Di antaranya, lanjut Wiyatno, mengajarkan bagaimana dalam hidup bermasyarakat dalam kebersamaan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan.

“Dalam rumah betang semua dapat bersatu meski ada perbedaan. Ini tentu makna yang sangat mendalam,” ujar dia.

Anggota legislatif peraih suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) V itu menginginkan, keberadaan rumah betang mendapat perhatian serius dari pemerintah.

“Ini aset yang perlu dijaga dan dilestarikan. Kita ingin, jika ingin belajar kerukunan orang bisa belajar ke rumah betang,” harap dia.

Politikus PDIP itu mengaku ingin budaya leluhur di Kalteng terus perlihara dan dilestarikan.

“Kami juga mendorong untuk mengeksplor seni budaya daerah agar tetap eksis dan tidak terkikis oleh modernisasi zaman,” ucapnya.

Untuk itu, dalam mewujudkan hal itu ke depan pihaknya akan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: