LPMP Kalteng Apreasiasi Hasil Penelitian Siswa-Siswi Tingkat SMA

 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (LPMP Kalteng), Dra Hj.Sukaryanti MSi menyampaikan apresiasinya, atas pencapaian prestasi 3 orang siswa dari SMAN 2 Palangka Raya.

Adapun 3 (tiga) orang siswa SMAN 2 Palangka Raya yang berprestasi tersebut, yaitu Yazid Rafli Akbar, Anggina Rafitri dan Aysa Aurcalya Maharani.

“Prestasi ini menunjukan, ketiga siswa telah menerapkan metode ilmiah, sebagai sebuah proses belajar mereka, yang sekaligus pula mengembangkan sikap-sikap ilmiah, dan berliterasi sains dengan baik,” kata Hj Sukaryanti, Rabu (21/08) siang ini.

Hasil penelitian yang telah dilakukan memberikan harapan baru bagi penyembuhan kanker payudara meski harus ditindaklanjuti lebih mendalam lagi.

Sebuah kebanggaan bagi kalteng bahwa literasi sains siswa di tingkat SMA mampu menunjukkan prestasi di tingkat internasional. Kemendikbud melalui mendikbud telah memberikan penghargaan kepada ketiga siswa tersebut 17 agustus 2019 di jakarta kemarin.

Selain itu, Ia juga mengutarakan, tentunya guru pembimbingnya, yaitu ibu Herlita MPd, dalam melakukan pembimbingan telah memiliki kompetensi yang sangat baik, sehingga mampu mendorong siswanya, untuk kritis dan kreatif serta memiliki kemampuan problem solving.

“Kami ucapkan selamat dan salut, kepada ibu guru pembimbing, yang juga tercatat sebagai salah satu Instruktur Provinsi K13 LPMP Kalteng. Kiranya, pemerintah daerah dapat memberikan apreasiasi, dan penghargaan kepada guru yang sangat luar biasa ini, agar beliau dapat lebih termotivasi untuk berkarya,” imbuhnya.

Ditambahkannya, prestasi yang ditorehkan ini merupakan salah satu indikator meningkatnya mutu kompentensi siswa/lulusan, yang tentu tidak terlepas dari meningkatnya mutu, proses pembelajaran dan juga mutu pendidiknya.

“Terlebih, di SMAN 2 Palangka Raya, tentunya keberhasilan ini belum bisa digeneralisir bahwa mutu pendidikan kita sudah tercapai, secara optimal. Karena, ada indikator lain, menjadi dasar penentu mutu pendidikan, yaitu akreditasi, data pmp, hasil UN dan hasil UKG/UK KS/PS,” tukasnya.

Kembali diutarakannya, Berkenaan dengan hal ini, sebagaimana tugas dan fungsinya, LPMP Kalteng akan memfasilitasi penjaminan mutu pendidikan, dalam rangka pemenuhan 8 (delapan) SNP (standar nasional pendidikan).

LPMP melalui berbagai programnya, memfasilitasi peningkatan mutu PTK, proses, penilaian dan pengelolaan sekolah. Harapannya dapat mengikutsertakan mutu lulusan, diantaranya berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.

“Tentunya, kepedulian dan partisipasi semua stakeholder pendidikan, menjadi hal penting untuk mendorong prestasi siswa. Sehingga, kedepan, akan muncul lagi, siswa siswi yang berprestasi lainnya,” pungkasnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: