Musim Kemarau, Bantuan Sumur Bor Sangat Diperlukan

KARHUTA : Petugas Damkar bersama TNI/Polri saat memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

beritakalteng.com – SAMPIT – Di musim kemaran seperti saat ini, beberapa desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengalami kesulitan akan pasokan air putih. Mereka pun harus bersusah payah untuk mendapatkan pasokan air bersih.

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kotim, Handoyo J Wibowo berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Kotim bisa memberikan bantuan berupa sumur bor, bagi masyarakat.

“Ketersediaan air bersih bisa menjadi kendala bagi masyarakat kita yang berada di Wilayah Utara dan Selatan, sehingga sumur bor sangat diperlukan,” ujar Handoyo, ekamrin (7/8/2019).

Lanjutnya, bantuan sumur bor dinilai tepat, terlebih bagi desa yang tidak terjangkau Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Masyarakat biasanya memanfaatkan air sungai atau sumur. Kalau kekeringan, air akan menjadi keruh dan tidak layak dikonsumsi. Sehingga ini yang menjandi permasalahan bagi mereka,” tandasnya.

Handoyo menambahkan, untuk langkah awal, bantuan sumur bor tersebut bisa dipasang di tiap RT di masing-masing desa. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya bersama-sama.

“Kondisi air sungai di pelosok rata-rata tidak ada yang layak dikonsumsi. Karena selain tercemar akibat penambang emas ilegal, juga terdampak oleh limbah kelapa sawit,” pungkas Politisi Partai Demokrat ini. (agg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: