Lestarikan Budaya Leluhur, Pemkab Bartim Gelar Festival Nariuk

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (kaos merah) saat melakukan Nariuk, disaat festival Nariuk, didesa Pulau Patai.

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Dalam rangka melestarikan kekayaan budaya di kabupaten yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah. Pemerintah kabupaten Barito Timur menggelar festival Nariuk atau mencari ulan dengan cara manombak ikan disungai, didesa Pulau Patai, kecamatan Dusun Timur, jumat (14/6) 

Dalam kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas dan dihadiri Sekda Bartim Ir Eskop,MAP,  Kejari Barito Timur, perwakilan  Polres Bartim, Kepala Bank Pembangunan Kalteng (BPK) cabang Tamiang Layang, sejumlah kepala OPD dan ratusan peserta festival. 

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, dalam keterangannnya memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana festival Nariuk, dan di harapkan kegiatan ini  kedepannya dijadikan sebagai obyek wisata yang patut dipertahankan dan dikembangkan secara berkelanjutan setiap tahun.

“Desa Pulai Patai merupakan salah satu Desa di Kecamatan Dusun Timur, yang kaya akan potensi sumber daya alam perairan khususnya sungai dan danau serta ikan. Sehingga sangat layak dijadi sebagai tempat dilaksanakan festival Nariuk, “kata Bupati. 

Menurut Ampera prospek nilai jual bila daerah ini dikembangkan menjadi salah satu destinasi atau tujuan wisata dalam daerah, baik untuk masyarakat lokal maupun luar daerah untuk mencari ikan setiap trahun musim kemaru.

“ Selain itu Desa Pulau Patai merupakan daerah destinasi wisata, dan kaya sumberdaya ikan, dan menjadi tujuan masyarakat lokal maupu luar daerah untuk mencari ikan, maka sangat cock dijadikan daerah obyek wisata “ timpalnya. 

Ampera AY Mebas, mengatakan festival Nariuk mencari ikan secara tradisonal ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin dan dilaksanakan setiap tahun. 
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuh kambangkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian sumberdaya ikan dan alam,”ujarnya. 

Ampera juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta yang sangat antusias mengikuti festival nariuk mencari ikan secara tradisonal yang mencapai tiga ratusan peserta.

“Atas nama pemerintah daerah dan secara pribadi sangat mendukung dan mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini dalam rangka melestarikan budaya leluhur”.(vri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: