Budidaya Tanaman Lokal, TP PKK Kalteng Tanam dan Resmikan Demontration Plot

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Selain menggelar Rapat Konsultasi  (Rakon) se Kalimantan Tengah pada hari sebelumnya, Tim Penggerak PKK se Kalteng pada hari Rabu 10 April 2019 melakukan  Tanam Perdana Tanaman Lokal Khas Kalteng, sekaligus peresmian taman PKK, bersama ibu Ivo Sugianto Sabran dan TP PKK Kabupaten/Kota se Kalteng, yang digelar di kebun percontohan, Jalan Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya (10/04) pagi ini.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Tim PKK Provinsi Kalteng  Ivo Sugianto Sabran beserta pengurus, dan para ketua Tim penggerak PKK se  Kalteng, beserta Sekretaris Bendahara Ketua Pokja 1,2,3 dan 4.

Ketua TP PKK Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran kepada awak media menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan peresmian demonstration plot dan taman PKK, sekaligus mengaktifkan kembali kebun PKK.

“Yang jadi nilai plus disinikan, karena biasa kebun diidentikan ditanamkan dengan tanaman sayur dan obat saja. Tapi, disini kita turut melestarikan tanaman khas Kalteng, yang mulai punah.”

“Seperti buah tangkuhis, yang saat ini sudah mulai jarang ditemukan. Maka, untuk itu kita coba ikut melestarikan tanaman khas Kalteng,” terang ibu Ivo, seusai melakukan penanaman bibit tanaman.

Kemudian, Dirinya menambahkan bahwa Demontration Plot ini, juga bisa menjadi tempat pembelajaran untuk anak-anak, dan semua masyarakat Kalteng. Selain itu, diharapkannya pula bisa memiliki nilai ekonomis untuk keluarga dan masyarakat.

“Melalui kebun ini juga, bisa menghasilkan sayuran, dan pengembangan perikanan dan ternak, jika tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan. Hal ini kan sesuai dengan peran PKK, yakni Pemberdayaan untuk keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, mengklarifikasi informasi yang disampaikan dalam pemberitaan sebelumnya “isu stunting jadi pokok pembahasan rakon TP PKK se Kalteng”. Dimana dijelaskan, Untuk saat ini, permasalahan stunting di Kalteng, menempati posisi ke 5 (lima) di Indonesia, dan di Kalteng sendiri permasalahan stunting menempati posisi ke 4 (empat).

Adiah Chandra melalui pesan whatsappsnya Sekretaris TP PKK Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan permasalahan stunting, Saat ini tingginya angka stunting Indonesia menduduki peringkat ke 5 dunia, dan Kalteng sendiri menempati peringkat 4 dari bawah untuk se Indonesia.(Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: