Pemilu 2019, Kompiady : Masyarakat Kalteng Jangan Golput

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Rabu 17 April 2019, yang hanya tinggal dalam hitungan hari, ada banyak hal yang sebaiknya patut diperhatikan dan diikuti, diantaranya adanya beberapa himbauan, berkenaan penyuksesan kegiatan pesta demokrasi.

Seperti halnya, yang disampaikan oleh akademisi dari Dekan FISIP UPR, Prof Drs Kumpiady Widen MA PhD. Ia menghimbau, kepada para pemilih pemula yang memiliki potensi, untuk bisa memberikan suara serta berpartisipasi, pada Pemilihan Presiden, Legislatif DPR RI dan DPD RI, serta anggota DPRD Kabupaten/Kota.

“Selanjutnya, agar seluruh lapisan masyarakat Kalteng tidak golput, dalam artian harus menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019, karena sebagai warganegara yang baik, tentunya turut serta menyukseskan terselenggaranya pesta demokrasi, dengan cara datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” ujar Kumpiady, saat ditemui awak media, Senin (08/04) siang ini.

Lanjut Dekan Fisip UPR ini, biasanya golput bisa saja disebabkan, pada kondisi seperti mahasiswa atau pelajar asal Kalteng, yang sedang kuliah ataupun sekolah di luar daerah, dan namanya masih tercatat di TPS setempat. Begitupun sebaliknya, para pelajar atau mahasiswa asal luar daerah, yang sekolah ataupun kuliah di Kalteng

Selain itu, masyarakat dan terkhususnya para pemilih pemula yang golput, juga bisa disebabkan oleh adanya rasa malu dan takut untuk datang ke TPS, karena berbagai faktor alasan, bahkan ada yang juga malas karena sikap apatisnya.

“Saya mengajak, agar masyarakat tetap bisa menggunakan hak pilihnya, meskipun sedang berdomisili sementara di luar daerah. Adapun caranya, yang bersangkutan dapat langsung menghubungi RT setempat, agar diurus formulir A5, dan bisa mengikuti Pemilu di TPS dimana tempat berdomisili sementara, ” katanya.

Dirinya juga menambahkan,  agar dalam pelaksanaan Pemilu 2019, masyarakat Kalteng dapat menangkal persebaran informasi berita hoax, dengan cara menyaring informasi yang ada di medsos secara bijak, dan tidak turut serta memviralkannya.

“Tetap menjaga kondusifitas keamanan di lingkungan sekitarnya, serta tetap menjaga dan menjunjung tinggi palsafah huma betang, oleh karena Kalteng adalah Bumi Pancasila, yang masyarakatnya meskipun terdiri atas berbagai latar belakang Suku Agama dan Ras (SARA), masih bisa tetap hidup harmonis saling berdampingan.”

“Karena saya meyakini, siapapun calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan berkompetisi dan terpilih, calon legislatif DPR RI DPD RI DPRD Kabupaten/Kota, mereka adalah putra putri terbaik bangsa, yang akan membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia ini,” pungkasnya.(Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: