Tindaklanjut Arahan KPK, Diskominfo Akan Bangun Data Center

Kadiskominfo Bartim dr.Husni Anwar saat berdiskusi dengan pejabat di Kemenkominfo pusat usai mengikuti pelatihan.

 

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Dinas komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Timur (Bartim), akan membangun data center. Hal itu dilakukan agar semua aplikasi lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat bisa terintegrasi.

Kepala Dinas Kominfo Bartim dr.Husni Anwar mengatakan, pihaknya telah melakukan pelatihan guna meningkatkan kreabilitas fungsi, dari informasi sekaligus pemasangan Aplikasi Manajemen integrasi dan pertukaran data (SIMANTRA).

Hal itu sebutnya sebagai tindaklanjut dari hasil monitoring dan evaluasi, Implementasi pemberantasan korupsi terintegrasi di Pemerintahan Kabupaten Bartim.

“Ini sesuai arahan dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) selaku ketua tim Monev. Merekomendasikan agar semua Aplikasi di Bartim terintegrasi, dan terpusat di Diskominfo,” kata Husni, kamis (03/1)

Pemkab Bartim juga bermaksud untuk membangun data center di lingkup Bartim, yang di awali dengan melakukan Instalasi Aplikasi Server dan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Perencanaan 5 (lima) tahunan, SIMDA Perencanaan 1 (satu) tahunan dan SIMDA Keuangan pada perangkat Server Diskominfo.

“Untuk kedepannya di rencanakan akan di Integrasikan Aplikasi pada masing-masing Organisasi Pemerintah Daerah. untuk mengintegrasi sistem aplikasi, yang berada pada Server masing-masing OPD maka di perlukan Aplikasi SIMANTRA sebagai penghubung jembatan bagi Aplikasi tersebut.” jelasnya menambahkan.

Dalam mengikuti pelatihan yang narasumbernya dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, memberi pengarahan untuk pengenalan dasar konsep Interoperabilitas Sistem Elektronik dan pemahaman tentang UU No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Selain itu ada juga perangkat dan prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan menyebarkan Informasi Elektronik.

“Setelah pelatihan yang sangat singkat, dilanjutkan dengan pengambilan atau pemindahan Aplikasi SIMANTRA ke perangkat melalui Hardisk. Namun kita masih perlu banyak belajar untuk penerapanya, agar semakin mengerti bila sudah dalam tahap Implementasi atau penerapannya” tutupnya.(vri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: