Seminar Pendidikan Nasional, Wujudkan Pendidikan Karakter dan Budaya Literasi

BeritaKalteng.com, Palangka Raya- Dalam upaya mewujudkan pendidikan karakter dan budaya literasi di Kalimantan Tengah kepada mahasiswa dan tenaga pendidik. Tiga Lembaga di Kalteng yakni Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kalteng, Menara Insan Cita dan MD KHMI Palangka Raya Seminar Pendidikan Nasional minggu (02/12).

Kegiatan yang di Hotel Global Kota Palangka Raya selama satu hari ini diikuti sekitar 100 peserta. Dengan menghadirkan sejumlah narasumber yakni Ketua Yayasan Cahaya Guru Henu Supono Dari Jakarta, Motivator Nasional, Irham Surahman, Universitas Muhamadiah Palangka Raya, Sunedi, dan Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya, Syahdin Hasan.

Ketua MD KHMI Kota Palangka Raya, Olly Suryono ketika diwawancarai menyampaikan,  KHMI Kota lebih menyoroti kepada Literasi atau kemampuan seseorang tidak hanya kepada menulis dan membaca.

“Di Kalteng sendiri mungkin bisa dicari, minat baca kita masih rendah. Harusnya ketika minat baca tumbuh, setidaknya diimbangi dengan literasi yang lain, seperti bisa membaca secara visual, dalam arti bisa membaca makna-makna diluar atau didalam pemikiran orang lain.” ujar Olly Suryono.

Dirinya mencontohkan membaca secara visual, lanjutnya seperti melihat situasi yang terjadi sekarang ini lebih kepada hal-hal yang positif. selain memiliki kemampuan membaca dan menulis, tapi juga mampu atau memiliki insting atau naluri untuk membaca dan menulis penomena-penomena yang terjadi.

Disamping itu, Direktur Merana Insan Cita Bpk. Agus Hermawan menyampaikan, Kegiatan ini bertujuan untuk meneguhkan kembali karakter Building bagi para peserta seminar.

“bahwasanya sesuai dengan amanat UU 45, tujuan pendidikan adalah untuk memebentuk generasi yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa.” jelas Agus Hermawan.

Dirinya juga berpendapat, seharusnya pendidikan ini lebih menyentuh ke karakter seseorang, tidak hanya pada area intelektual atau lebih kepada pencapaian-pencapaian yang bersifat monomental, tetapi pendidikan dapat membentuk seseorang jauh lebih baik, positif, jujur, sabar, dan bertanggungjawab terhadap respon sosial yang terjadi.

Amanat dari bung Karno, Pendidikan itu lebih bersifat kepada pembentukan karakter building, tidak hanya intelektual yang diasah tetapi juga keperibadian yang dimantapkan, inilah arah seminar yang dilaksanakan ini.

“Kita juga membagikan beberapa buku cerita (70 buku.red) ke beberapa teman-teman di kabupaten untuk memotifasi anak-anak yang sekarang ini banyak kehilangan cerita-cerita yang membangun. Ketiga lembaga ini Insa Allah punya komitmen bagaimana memajukan dunia pendidikan negeri kita secara karakter Buliding dan bisa membangun literasi budaya di Kalteng.” paparnya menambahkan.

Kegiatan tersebut dihadiri juga Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI ) Kalteng
Dr. H. Abubakar M,Ag, Wakil Ketua KHMI Kalteng, Dr. H. Suparman,  Direktur Merana Insan Cita Bpk. Agus Hermawan, Sejumlah pengurus OKP seperti GMNI Kalteng, Pradah, HMI, BEM, Guru-Guru dan Mahasiswa Se Kalteng.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: