Tumbuhkan Semangat Pahlawan, HMI Gelar Dialog Pemuda

BeritaKalteng.com, Palangka Raya-
Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palangka Raya menggelar kegiatan Dialog Pemuda yang dihadiri sekitar 100 mahasiswa dan pemuda dari berbagai latar belakang Organisasi mahasiswa atau pemuda, ormas dan lSM sekota Palangka Raya, Kamis (29/11).

Kegiatan yang mengangkat teman “Menumbuhkan semangat pahlawan kepada kepada pemuda sebagai pelopor perdamaian dan kemajuan bangsa” tersebut dihadiri sejumlah narasumber yakni Kompol Parmanibar Intel Polda Kalteng, kabid Pemuda Dispora Kalteng Agus S. Djunaidy, Dan Heru Setiawan komandan resimen mahasiswa maharaya kalteng.

“giat dialog pemuda yang digelar di Aula KNPI Kalteng tersebut dalam rangka memperingati hari pahlawan tahun 2018 untuk merefleksi semangat pahlawan bangsa dalam memerdekakan NKRI.” kata Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) HMI Cabang Palangka Raya Amalul Mujahidin.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya, Donal Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dengan tujuan membuka forum dialogis bagi pemuda yang ada di Kota Palangka Raya.

“bersama-sama menjadi pelopor perdamaian dalam mengawal kemajuan bangsa dan negara, karena pemuda adalah tonggak perdamaian ditengah permasalahan bangsa saat ini.” ucap Donal Setiawan.

Dalam diskusi pemuda, Heru Setiawan menyampaikan jiwa nasionalis tidak hanya cinta tanah air semata. Semangat nasionalis pemuda sudah terbentuk dari masa kemasa.

“Mulai dari sumpah pemuda tahun 1928, proklamasi 1945, orde baru 1965, dan reformasi pada tahun 1998 maka dari empat poin tersebut sebagai refleksi semangat pemuda dan mahasiswa dalam mengawal kemajuan bangsa.” jelas Heru.

Parmanibar mengatakan bahwa dalam jiwa pemuda juga harus tumbuh nilai-nilai nasionalis dalam jiwa pemuda untuk menjadi pelopor perdamaian di kalimantan tengah.

“Agar dalam perkembangan zaman ini menuju era industri 4.0 para pemuda bisa tetap memanfaatkan smuanya demi kemajuan bangsa” jelas Parmanibar.

Agus S. Djunaidy mengatakan bahwa yang paling penting dalam mewujudkan perdamaian dan kemajuan bangsa ini adalah tumbuhkanlah karakter positif dengan semangat.

“Maka semangat ini yg akan mewakili semuanya untuk mewujudkan tujuan pemuda. Dan Pemuda harus mengambil momen sebagai pelopor kemajuan degan kegiatan dan aktivitas positif dan menghindari aktifitas yang negatif.” tutupnya.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: