Temu Karya Taman Budaya Se Indonesia Dibuka Dengan Pergelaran Pawai Budaya

BeritaKalteng.com, Palangka Raya- Upaya meningkatkan kreatifitas para budayawan, sekaligus menggali potensi kearifan budaya yang ada, dimasing-masing daerah. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar kegiatan Temu Karya Taman Budaya Se Indonesia.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh kontingan di seluruh Provinsi di indonesia tersebut diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah. Kegiatan ini pun dibuka dengan pergelaran pawai budaya oleh Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata.

Dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Pusat diataranya Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Tubagus Andre Sukmana.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Drs. Pustanto, Ketua Forum Taman Budaya Indonesia, Sukatno, Kepala Moseum Basuki Abdulla, Ibu Mueva Salma, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Kepala SOPD Provinsi Kalteng, Furkompinda, Tokoh Masyarakat, Adat, dan Budayawan di sejumlah Provinsi di Indonesia.

Tubagus Andre Sukmana dalam sambutanya menyampaikan, Tamu karya taman budaya adalah ajang pertemuan, sekaligus menunjukan peran kebudayaan dimasing-masing daerah. Dengan keberagaman budaya yang dimiliki.

“kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas para budayawan, Menggali potensi kearifan budaya yang ada, sekaligus mempromosikan kesenian dimasing-masing daerah” ujarnya, Rabu (12/09) di Budaran Besar Kota Palangka Raya.

Dia menyampaikan, sampai dengan saat ini peserta pawai sudah 700 orang, mudahan dapat apresiasi oleh masyarakat kalteng, serta kegiatan dalam beberapa hari kedepan dapat berjalan lancar.

Pj. Setda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri dalam sambutanya menyampaikan, Pemerintah Daerah menyambut baik kegiatan yang telah dilaksanakan Pawai budaya.

“Kegiatatan semacam ini merupakan salah satu upaya membangun kebersamaan dan membuat kita mengenal budaya nusantara.” kata Fahrizal.

Pawai budaya ini, lanjutnya menambahkan, diharapkan menjadi media untuk dapat mempererat tali silaturahmi, baik antar sesama umat beragama maupun sesama anak bangsa ditengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Terimakasih atas partisipasi seluruh kontingan se indonesia yang sudah hadir di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila.” tutupnya.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: