Infastruktur Jalan Tidak Memadai, Fasilitas Publik Desa Beringin Agung Terendam Air

Kondisi Jalan dari Desa Beringin Agung Kec. Talaga Antang menuju Kec. Parenggean Kab. Kotim ketika musim penghujan.

Beritakalteng, Sampit- setiap memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, tak bisa dipungkiri masih ada beberapa desa di Kabupaten Kotim berpotensi terjadi bajir.

Seperti di Desa Beringin Agung Kecamatan Telaga Antang misalnya. Hanya berselang waktu dua jam diguyur hujan, sejumlah fasilitas publik seperti kantor Kepala Desa, dan puluhan rumah warga terendam air.

Terendamnya sejumlah fasilitas publik dan rumah warga, tidak hanya disebabkan oleh iklim cuaca saja, tetapi juga dikarnakan tidak adanya Box Culvert atau gorong-gorong yang memadai di Jalan milik Provinsi Dari Desa Beringin Agung ke Kecamatan Parenggean.

Menurut informasi Kepala Desa Baringin Agung, Toryanto ketika dihubungi beritakalteng.com menyampaikan, ketika pengaspalan, gorong-gorongnya ga dibuat.

“salah satu tempat ibadah (mesjid.red) juga terendam air mas, ini selalu terjadi ketika hujan “ujar Toryanto selasa (13/03).

Tidak heran saat hujan ujarnya menambahkan, debet air dari sungai kecil naik sampai ke jalan dan masuk ke pemukiman warga Desa Beringin Agung.

Disampaikanya kembali, ada sekitar dua titik lokasi mengalami persoalan sama, dan secepatnya adanya perhatian dari Pemerintah Daerah atau Provinsi untuk pembuatan gorong-gorong.

“dalam Musrembang Kecamatan, pihak Desa sudah mengusulkan mas. Tapi sampai saat ini belum ada realisasinya”tutupnya.(Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: