Mofit :HKN Momentum Membangun Hidup Sehat

Beritakalteng.com- Setiap tanggal 12 November, diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN).  Tujuan dari HKN itu sendiri adalah untuk meningkatkan pemahanan dan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan.

“Momentum HKN kali ini harus benar-benar dimplemetasikan oleh seluruh masyarakat. Khususnya di Kota Palangka Raya. Jadi membangun hidup sehat itu  harus dimulai dari dalam keluarga. Ini sesuai dengan tema HKN 2017 yakni sehat keluargaku, sehat indonesiaku,”ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya, usai menghadiri puncak HKN ke 53 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Bundaran Besar (bunber) Kota Palangka Raya, Minggu pagi (12/11).

Menurut Mofit, membangun kesehatan melalui pendekatan keluarga menjadi langkah awal  yang bersifat promotif dan preventif untuk mendorong masyarakat secara mandiri dalam mempertahankan  hidup sehat. Bila itu berhasil dilakukan maka dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Maka itu kita dorong masyarakat di Kota Cantik ini supaya dapat membangun kemandirian keluarga dalam hidup sehat . Dengan begitu masyarakat akan mampu berkontribusi maupun produktif  dalam menjalankan peran aktif  mengsisi pembangunan,”ujarnya.

Sementara disinggung sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan di Kota Palangka Raya, menurut Mofit  dalam membangun sektor tersebut, tentu harus melibatkan banyak pihak maupun  lintas sektor.Disisi lain perlu upaya terus menerus dalam merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif

Pun demikian sejatinya, pembangunan kesehatan adalah menjadi tanggungjawab  seluruh komponen masyarakat, terutama bagaimana  meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat yang dilakukan tanpa berhenti  dan terus menerus

“Nah, pada peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk kita secara bersama-sama merefleksi.Selamat HKN dan terimakasih kepada semua pihak terutama para pelaku dan pelayanan kesehatan, para stakeholder yang telah bersinergi untuk meningkatkan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari,”tutupnya.

Adapun dalam puncak peringatan HKN ke-53 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Bundaran Besar Palangka Raya tersebut, salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui  pelaksanaan pemecahan rekor MURI yaitu pelaksanaan senam masal serentak se Indonesia pada hari dan waktu yang sama.

Selain itu dirangkai pula dengan lounching kampanye sadar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Acara tersebut dihadiri Stap Ahli Gubernur Kalteng, Hardy Rampai, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Suprastija Budi serta sejumlah kepala dinas Provinsi Kalteng lainnya. Acara juga turut dihadiri jajaran pejabat maupun Forkopinda lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. (AF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: