Keterangan foto: Ketua KPU Kobar, Chaidir, saat memberikan keterangan pers kepada awak media, Selasa (11/6/2024).

Demi Target 75 Persen Partisipasi Pemilih, KPU Kobar Bakal Bentuk Relawan Demokrasi 

 

BERITAKALTENG.com – Kotawaringin Barat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) berupa tingkatkan angka partisipasi pada pemilihan gubernur/wakil gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) dan bupati/wakil bupati Kobar tahun 2024.

Adapun angka partisipasi yang ditargetkan, yakni  kisaran 75 persen pemilih. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan partisipasi pemilih saat pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari tahun 2024 lalu.

“KPU Kobar menargetkan minimal 75 persen pada Pilkada serentak tahun 2024 ini, baik itu untuk pemilihan bupati/wakil bupati Kobar maupun pemilihan gubernur/wakil gubernur Kalteng,” ungkap Ketua KPU Kobar, Chaidir, Selasa (11/6/2024).

Guna mewujudkan target tersebut, KPU Kobar akan semakin gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan/desa.

Di samping itu, KPU juga akan menggandeng komunitas, dan membentuk relawan yang dinamai relawan demokrasi. Relawan ini berjumlah puluhan orang dengan latar belakang yang berbeda sehingga informasi dapat menyebar luas.

“Kita menggandeng semua elemen masyarakat. Kita juga membentuk relawan demokrasi sebanyak 10 orang dan dari 10 segmen, misal segmen perempuan, segmen pemilih disabilitas dan segmen yang lain. Tugasnya membantu KPU Kobar melakukan sosialisasi Pilkada serentak yang dilaksanakan Rabu, 27 November tahun 2024. Semua elemen akan kita libatkan,” jelas Chaidir.

Untuk itu, pihaknya berharap pada Pilkada serentak tahun ini partisipasi masyarakat Kobar dapat meningkat, dan sadar akan pentingnya terlibat dalam pemilihan kepala daerah yang menentukan nasib daerah untuk lima tahun ke depan. (Rd/ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: