Novanita Lebih Tertarik Berkarir Didunia Usaha

PALANGKARAYA – Sejak berhenti sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementrian Kehutan. Sosok Novanita Puspa saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk kegiatan di sektor ekonomi kreatif.

Novita yang saat ini juga dipercayakan sebagai Ketua DPW Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Provinsi Kalteng, lebih suka mengelola hasil sumber daya hutan dan lingkungan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis.

“Dengan adanya keputusan saya untuk mengembangkan Kelakai menjadi sabun dan memfokuskan diri sebagai pengusaha kosmetik adalah langkah yang dapat membawa inovasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” kata Novanita di kantor DPW PKS, di jalan G. Obos, Palangka Raya, Sabtu (10/2/2024).

Dengan pencapaian keberhasilan dibidang pengembangan usahanya tersebut, Ia berharap masyarakat terpotivasi dan terdorong untuk mau maju di dunia usaha.

Salah satu contohnya seperti pengembangan produk seperti bawang Dayak menjadi CDR yang dapat memberikan nilai tambah dan memberdayakan masyarakat setempat adalah langkah positif.

“Lanjut untuk meluncurkan produk seperti sabun Kelakai yang mengandalkan bawang Dayak dan memanfaatkan potensi lahan masyarakat, Anda memberikan peluang bagi masyarakat setempat untuk menikmati kesuksesan ekonomi,” jelasnya lagi.

Soso ibu rumah tangga yang lahir dan besar di Kalimantan Selatan persisnya di kawasan Landasan Ulin ini memiliki perjalanan yang menarik dalam kariernya.

Meskipun ditawari untuk terjun ke dunia politik pada tahun 2014 dan 2019, pada awalnya Dirinya tidak tertarik dan menganggapnya sebagai keputusan yang egois. Namun, perubahan terjadi pada tahun 2024.

Tahun 2024 ini, akhirnya Ia berubah dan tertarik terjun ke dunia politik pada tahun 2024. Hal tersebut didorong oleh keinginan yang kuat untuk membantu masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi.

“Saya ingin membantu UMKM hingga ke tingkat nasional dan internasional untuk menunjukkan komitmen memberdayakan ekonomi masyarakat secara lebih luas,” ungkapnya.

Menurutnya dirinya harus terlibat secara langsung dalam membantu masyarakat dengan mengarahkan kolaborasi bersinergi dengan dinas-dinas terkait.

“Langkah saya sekarang bagaimana mempromosikan potensi Kalteng ke tingkat nasional dan internasional. Sebari mendorong kalangan perempuan untuk maju dalam berbagai bidang, terutama dalam mengangkat perekonomian keluarga,” tutupnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: