FOTO : Suasana saat Tim Medis melaksanakan Sunatan Massal terhadap anak -anak di ruang ekretariat LPTQ Kabupaten Katingan.

PHBI Katingan Gelar Bhakti Sosial Sunatan Massal Gratis

BERITAKALTENG. com – KASONGAN – Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Katingan menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial Sunatan Massal gratis, di Sekretariat LPTQ Kabupaten Katingan, Selasa 11 Juli 2023.

Kegiatan  Sunatan Massal dalam rangka memperingati 1 Muharram 1445 Hijriah tersebut dibuka secara resmi Bupati Katingan Sakariyas, melalui Asisten I Setda Katingan Hariawan, didampingi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Katingan Edi Rahmad Sosiawan dan Ketua PHBI Katingan Sukartie Alijat.

Antusias dari Orang Tua yang ingin melakukan Sunat terhadap anak laki-lakinya sangat baik. Sedikitnya puluhan anak-anak yang dilakukan sunat oleh Tim Medis Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang digelar selama 1 hari.

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PHBI yang telah melaksanakan sunatan massal ini. Kegiatan ini merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam bagi anak laki-laki untuk disunat sebelum mencapai Akil Baligh atau mencapai usia remaja,”jelas Asisten I Setda Katingan Hariawan.

FOTO : Asisten I Setda Katingan, Hariawan saat membuka kegiatan Sunatan Massal di Sekretariat LPTQ Kabupaten Katingan. 

 

Hariawan, mengatakan dirinya yakin dan percaya bahwa ada sebagian masyarakat yang mampu melaksanakan sunatan mandiri untuk anaknya tersebut. Tetapi ketika dilaksanakan secara massal dengan anak-anak yang saling kenal dan sebagainya, maka mereka akan gembira untuk merasakannya. Sehingga program ini sangat membantu sekali bagi masyarakat Kabupaten Katingan.

“Bakti Sosial Sunatan Massal ini berbarengan dengan Donor Darah sebenarnya. Namun aksi Donor Darah belum bisa dilaksanakan, karena terkendala ketersedian kantong darah dan sebagainya. Diharapkan kepada PHBI untuk kedepannya agar bisa mempersiapkan secara matang untuk kegiatan berikutnya. Pemerintah daerah tentunya sangat menyambut baik adanya kegiatan ini,” pungkasnya.

Ketua PHBI Kabupaten Katingan Sukartie Alijat, mengucapkan terimakasih atas koordinasi dan kerjasama PHBI dengan tim Medis dari PPNI yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan untuk melaksanakan sunatan massal gratis.

“Kegiatan seperti ini adalah tidak lepas dari Pemerintah daerah dalam bentuk dana dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu aplikasi untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. Sunatan ini sedikitnya ada puluhan anak laki-laki yang sudah mendaftar. Namun, khususnya Donor Darah belum bisa dilaksanakan karena keterbatas kantong Donor Darah dan sebagainya,” jelasnya.

Sunatan Massal ini mengunakan teknik modern dengan metode Super Ring atau tanpa jarum suntik. Super Ring adalah merupakan alat sunat berbentuk seperti cincin steril dan sekali pakai yang dipasangkan diantara gland penis dan preputium, kemudian diikat dengan tehnik simpul tali yang sesuai dengan SOP.

” PHBI sebelumnya juga sudah melaksanakan berbagai kegiatan seperti pawai gema takbiran Hari Raya Idul Fitri, Halal Bihalal Pasca lebaran, Penyerahan Bantuan Hewan Sapi Kurban Hari Raya Idul Adha. Kemudian untuk memperingati 1 Muharram 1445 Hijriah, kita menggelar Bhakti Sosial Sunatan Massal,” pungkasnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: