Dishub Kabupaten Barito Timur Masih Upayakan CCTV Pantau Lalu Lintas

Foto : Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Bertholumeus Nyampai.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Hingga kini ruas jalan nasional di Kabupaten Barito Timur belum memiliki fasilitas kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV). Padahal peranti itu penting untuk memantau arus lalu lintas maupun kondisi keamanan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Bertholumeus Nyampai, mengatakan, pihaknya sudah lama merencanakan pemasangan CCTV tersebut. Akan tetapi, anggaran untuk memasang peranti tersebut tidak ada.

“Traffic light ini kita lihat lokasinya yang memadai dan memungkinkan, apakah di wilayah Kecamatan Dusun Tengah yang termasuk padat penduduk dan kita juga memikirkan untuk antisipasi minimalisir terjadinya lakalantas di sana,” kata Kadishub Bertholumeus Nyampai, Senin (1/5/2023).

Padahal, keberadaan kamera CCTV sangat berguna untuk berbagai keperluan, termasuk pengungkapan suatu peristiwa yang terjadi di jalanan.

“Ya harapan seperti itu, ya harapan kita untuk Barito Timur ini. Karena dilintasi ke IKN pasti nanti kedepannya akan padat ya, sangat padat lalulintas melintasi Kabupaten Barito Timur ini dengan jalan juga tidak begitu lebar atau sempit,” jelasnya.

Kadishub bercerita, pemerintah daerah akan melakukan peningkatan jalan lingkar. Jalan lingkar sudah tembus cuma peningkatan sampai fungsional.

“Khusus alat berat, dia melalui jalan lingkar kita tidak ijinkan melalui jalan kota,” jelasnya.

Diterangkan, Dishub sudah lama mengusulkan bantuan anggaran untuk pemasangan CCTV ini kepada pemerintah pusat. Namun sampai saat ini usulan itu belum dipenuhi. Sementara untuk mengandalkan APBD tidak bisa karena kondisi keuangan daerah terbatas.

“Kamera CCTV kita kemarin mengusulkan untuk peremajaan tentunya seperti itu, peremajaan traffic light nanti kalau ada mitting ya. Ada Rapat Kerja Teknis (Rakornis) dengan Kemenhub RI. Saya akan upayakan usul itu,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: