Terkait Perundungan, Orangtua Didorong Lebih Peka

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Anak yang mengalami perundungan oleh teman-temannya di sekolah kerap kali membuat anak kurang semangat dalam belajar, terutama untuk berangkat ke sekolah.

Maka dari itu penting bagi orangtua untuk mengenali ciri-ciri anak yang kena perundungan, agar orangtua bisa membantu anak mengatasi rasa cemasnya dan membantunya keluar dari situasi itu.

“Beberapa gelagat siswa yang perlu diwaspadai oleh orang tua di antaranya adalah murung, tidak tenang, mudah cemas, gusar, takut, enggan ke sekolah, cenderung menyendiri, atau bahkan memiliki luka atau memar,” kata Kepala SMPN 2 Sampit, Abdurrahman, Selasa 7 Februari 2023.

Lanjutnya, perundungan juga biasanya disebut dengan bullying. Korbannya tidak memiliki batas usia, gender, atau yang lainnya, bahkan anak sekolah pun tidak lepas dari kerentanan sebagai korban bullying.

“Perundungan tidak hanya berdampak negatif kepada korban, melainkan juga pelaku. Maka dari itu, orangtua perlu memberi penjelasan kepada anak mengenai risiko perundungan, baik itu sebagai pelaku maupun korban,” tegasnya.

Tambahnya, orangtua juga harus menjadi tempat yang aman dan hangat untuk anaknya, semisal memberikan penghargaan kepada mereka atau meningkatkan komunikasi yang baik antara anggota keluarga.

“Karena rumah merupakan salah satu tempat yang dapat memberi rasa aman dan nyaman untuk anak, sehingga ia bisa berbagi dan bercerita apa saja kepada anggota keluarga di rumah,” ucapnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: