Foto : Ketua Komisi II DPRD Gumas Nomi Aprilia bersama koleganya sedang mengikuti rapat paripurna di kantor dewan setempat, belum lama ini.

Dewan Gumas Berharap Program CSR Perusahan Bermanfaat dan Tepat Sasaran

Foto : Ketua Komisi II DPRD Gumas Nomi Aprilia bersama koleganya sedang mengikuti rapat paripurna di kantor dewan setempat, belum lama ini.

 

BERITAKALTENG.COM, KUALA KURUN – Pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR) atau program tanggung jawab sosial dari perusahaan besar swasta (PBS) yang ada di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) diharapkan dapat bermamfaat, bisa lebih terarah dan tepat sasaran.

Seperti yang disampaikan Anggota DPRD Gumas, Nomi Aprilia dengan CSR yang diberikan oleh beberapa PBS. Kemudian, itu nantinya dapat lebih mengarah kepada tanggung jawab sosial diwilayah kerja perusahan yang ada khususnya di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Kami sangat setuju kalau pengunaan CSR itu terarah dan memberikan tanggungjawab sosial, artinya dapat sejalan dengan program pemerintah sehingga hasilnya lebih optimal,” ucap Nomi Aprilia, Rabu (4/1/2023).

Dia mengharapkan, pemerintah daerah (Pemda) yang menjadi koordinator daripada CSR perusahaan. Yang artinya dapat berdampak pada pembangunan akan terlihat lebih maju. Namun kalau dibiarkan, berjalan apa adanya maka pengunaannya kurang tepat dan kurang optimal.

“Pemda lah yang harus menjadi koordinator CSR perusahan itu, kami yakin pembangunan di wilayah kita akan lebih maju, dan kalau dibiarkan saya rasa kurang tepat dan pengunaanya juga tidak akan optimal,” ujarnya.

Sesuai aturan, tambah politis dari PDIP ini menyebut, perusahaan wajib menyisihkan pendapatan mereka dalam melaksanakan program CSR. Jika program CSR bisa diarahkan dan disinergikan dengan program pemerintah maka dipastikan akan berdampak besar dalam mewujudkan pembangunan yang telah direncanakan.

“Selain itu, CSR ini dapat dinilai ada potensi besar untuk membantu percepatan pembangunan. Karena kalau dihitung PBS yang ada disini sangatlah banyak, seperti di sektor perkebunan, pertambangan dan kehutanan itu wajib mereka memberikan CSR,” pungkas dia.(ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: