DPRD Barito Timur Setujui Raperda Retribusi Bangunan Gedung

Foto : Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nur Sulistio disaksikan Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh mendatangani persetujuan Raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barito Timur setujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait retribusi persetujuan bangunan gedung (PGB).

Dalam sambutannya Bupati Barito Timur yang diwakili oleh Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, menuturkan rasa syukur dan apresiasi bahwa proses yang dilaksanakan oleh DPRD bersama jajaran Pemda akhirnya mencapai hasil sebagaimana yang diharapkan.

“Keberadaan peraturan perundang-undangan ini telah membawa perubahan pada sistem retribusi dan pelayanan izin mendirikan bangunan atau IMB menjadi PBG. Hal ini kemudian diperkuat lagi dengan adanya Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah,” kata wabup. Kamis (11/8/2022).

Perubahan tersebut tergambar dalam mekanisme penyelenggaraan PBG yang sekarang dilakukan melalui dua proses, yaitu perencanaan dan penerbitan.

Adapun terhadap penerbitan PBG dilakukan pula melalui tiga tahapan yaitu penetapan nilai retribusi, pembayaran retribusi, sampai dengan penerbitan PBG.

“Kita semua tentunya sependapat, bahwa keberadaan dari Raperda ini menjadi salah satu instrumen untuk memberikan kepastian hukum dalam peningkatan pendapatan daerah, namun tetap memenuhi standar yang ditetapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nur Sulistio, mengungkapkan stelah pendatangan berita acara kesepakatan bersama, paling lambat tujuh hari DPRD akan menyampaikan Raperda tersebut ke eksekutif untuk segera ditindaklanjuti. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: