KKN Kebangsaan, Momentum Perkuat Karakter Bangsa

Foto : Peserta yang akan mengikuti kegiatan KKN Kebangsaan ke-X Tahun 2022

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Melalui pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang terpusat di Universitas Palangka Raya (UPR) Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat menjadi momentum dalam membangun karakter kebangsaan

Seperti yang disampaikan oleh Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, SE, MSi bahwa memperkuat karakter kebangsaan dapat dimulai dari mambangun karakter diri sendiri.

“Dengan seluruh element bangsa, pemimpin, organisasi, partai politik, dan elemen-elemen lainya, mari kita bersama-sama membangun karakter masyarakat kita agar kedepan bangsa kita ini dapat bersaing dan menjadi bangsa yang hebat seperti cita-citanya Bung Karno,” kata Andrie dalam sambutanya, Minggu (17/7/2022).

Andrie juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang merupakan para calon pemimpin dimasa yang akan datang untuk terus semangat dalam mewujudkan cita-cita.

“untuk itu, bangunlah cita-cita kalian, bangunlah bangsa ini. Karena masa depan bangsa ini ada ditangan mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa depan nantinya,” pesan Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksana KKN Kebangsaan ke X Tahun 2022, Dr. Aswin Usup, M.Sc yang mengharapkan selama pelakasanaan KKN, mahasiswa dapat berperan sebagai aktor intelektual untuk melakukan tugas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

“pengalaman ini diharapkan dapat menjadi modal dan sumber inspirasi bagi mahasiswa yang pada saatnya nanti akan menjadi pemimpin masa depan bangsa,” kata Aswin.

Aswin menjelaskan, dalam kegiatan KKN Kebangsaan ke-X Tahun 2022 ini, panitia pelaksana melibatkan lebih kurang 2331 mahasiswa dari 72 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Indonesia ditambah dengan 1 Akademi Militer di Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Yang mana 1000 mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan Tahun 2022 berasal dari 72 PTN dan PTS se Indonesia ditambah 1331 mahasiswa yang berasal dari UPR sebagai peserta KKN Tematik pendamping KKN Kebangsaan.

“mahasiswa akan ditempatkan di 100 Desa yang tergabung dalam 10 kelompok. Masing-masing dibagi ke 69 Desa di Kabupaten Kapuas dan 31 Desa di Kabupaten Pulang Pisau,” Tutupnya.

Pelaksanaan KKN Kebangsaan ke-X Tahun 2022 yang dilaksankan di UPR dibuka secara resmi oleh Presiden RI ke 5, Ibu Megawati Soekarno Putri via Daring (Dalam Jaringan.red).

Turut hadir sejumlah tokoh Nasional yakni Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Dudung Abdurachman, SE, MM, Sekjen PDI Perjuangan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, MM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem, Anwar Makarim dan Ketua MPR-RI H. Bambang Soesatyo, SE, MBA.

Hadir pula Wakil Menteri (Wamen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong , Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. Zainal Arifin, Pangdam XII/Tanjungpura, Jendral TNI Sulaiman Agusto, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, bersama unsur Forkopimda, Kalpolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Kemudian Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, serta Rektor,  Bupati Kabupaten Kapuas, Ben Brahim S. Bahat, Plt. Bupati Kabupaten Pulang Pisau, Pujirastuti Narang, Camat dan Kepala Desa dari lokasi KKN Kebangsaan, serta Rektor ketua LPPM dan Mahasiswa dari 73 PTN di Indonesia.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: