Optimalisasi Pemulihan Ekonomi, BI Kalteng Gelar Road to PTB

FOTO : Deputi Kepala Yudo Herlambang beserta jajaran ketika mengunjungi sejumlah pameran hasil kriya (kerajinan), wastra (kain nusantara), dan makanan olahan, Kamis (30/6/2022)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – mendorong optimisme dan mempercepat pemulihan ekonomi daerah melalui kesadaran bangga menggunakan produk lokal yang sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia yaitu Recover Stronger, Recover Stronger.

Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) BI Provinsi Kalteng akan menggelar kegiatan Road to Pesona Tambun Bungai (PTB) Tahun 2022 selama empat hari, mulai 30 Juni 2022 sampai dengan 3 Juli 2022 dengan cakupan jenis produk yang dipamerkan yaitu kriya (kerajinan), wastra (kain nusantara), dan makanan olahan.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Kalteng Yura Djalins yang diwakili Deputi Kepala Yudo Herlambang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu Upaya Bank Indonesia Dukung Perluasan Pasar UMKM dan Pariwisata Kalimantan Tengah Di Tengah Pemulihan Ekonomi Yang Tengah Terjadi.

“Bank Indonesia terus bersinergi mendukung Pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI),” kata Yudo, Saat membuka kegiatan pameran UMKM Road to Pesona Tambun Bungai (PTB) 2022 , Kamis (30/6/2022).

Penyelenggaraan pameran tersebut ujar Yudo menambahkan, merupakan salah satu rangkaian flagship event tahunan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah yang bertajuk Pesona Tambun Bungai (PTB) yang mengintegrasikan sejumlah program nasional yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI).

Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI), Festival Syariah (FESYAR), Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI), serta kegiatan utama lainnya dalam upaya mempertahankan momentum pemulihan ekonomi yang masih berlangsung.

Road to PTB yang menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi, merupakan “pemanasan” menuju kegiatan PTB yang lebih besar, lebih lengkap dan lebih meriah yang akan diselenggarakan pada awal Agustus 2022 di sekitar bundaran besar.

Yudo berpendapat dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi, daerah perlu mendorong konsumsi domestik melalui penciptaan event promosi UMKM.

Budaya dan pariwisata yang telah dimulai sejak pembukaan HUT ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah melalui Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Kegiatan PTB menjadi bagian dari event promosi UMKM, budaya dan pariwisata yang dapat melengkapi kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan oleh pemerintah daerah pada tahun 2022.

“terutama yang paling dekat adalah kegiatan Kalteng Expo dan Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) 2022 di Kalimantan Tengah sehingga menciptakan multiplier effect bagi ekonomi daerah,” bebernya.

Dalam rangkaian kegiatan PTB nantinya akan mencakup pameran UMKM Kriya, wastra, dan Kuliner (olahan maupun makanan jadi) sebanyak 30 booth yang di lengkapi dengan kegiatan Seminar, Talkshow, Business Matching, Fashion Show, Workshop, Festival Jajanan (Food Court dan Food Truck), Panggung Hiburan dan ditutup dengan Lomba Lari 5 Kg.

Sebelumnya rangkaian Pre-Event Pesona Tambun Bungai juga sudah digelar mulai bulan Mei yang meliputi berbagai lomba seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Fotografi dan Videografi, Lomba Syair, dan sebagainya.

“Melalui Pesona Tambun Bungai diharapkan dapat mendorong optimisme dan mempercepat pemulihan ekonomi daerah melalui kesadaran bangga menggunakan produk lokal yang sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia yaitu Recover Stronger, Recover Stronger,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: