BPS Kalteng Catat Sejumlah Peristiwa yang Terjadi di Triwulan I Tahun 2022

Foto : Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng, Eko Marsoro ketika menyampaikan Berita resmi, Senin (09/5/2022)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Selama triwulan I Tahun 2022, Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS Kalteng) merangkum sejumlah peristiwa yang terjadi dari berbagai sektor.

Sektor Pertanian selama triwulan I tahun 2022 tercatat, produksi TBS kelapa sawit masih meningkat secara y-on-y. Produksi tanaman Hortikultura seperti cabe rawit, buah durian, rambutan, cempedak, dan nanas menurun secara signifikan karena faktor cuaca.

“Secara q-to-q, produksi padi meningkat karena memasuki masa panen. Untuk sektor pertambangan dan penggalian, produksi bauksit meningkat signifikan (y-on-y) yang sejalan dengan volume ekspor ke luar negeri. Secara q-to-q, produksi bara juga terjadi peningkatan,” kata Kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro, Senin (09/5/2022).

Selama triwulan I tahun 2022, industri pengolaham seperti produksi CPO, minyak goreng dan turunannya meningkat secara y-on-y. produksi kayu olahan lanjut Eko, baik plywood maupun kayu olahan rakyat juga mengalami peningkatan.

Pengadaan listrik dan gas mengalami peningkatan. hal tersebut disebabkan terjadinya peningkatan kinerja listrik ditunjukan oleh produksi listrik dan distribusi listrikt terutama pada golongan pelanggan industri mengalami peningkatan.

Untuk sektor kontruksi, realisasi konsumsi semen dan realisasi belanja modal pemerintah pada triwulan I menurun secara q-to-q. pihaknya berpendapat, hal tersebut biasa terjadi diawal tahun karena masih dalam proses lelang proyek. Namun realisasi konsumsi semen secara y-on-y meningkat.

“Sektor perdagangan besar dan eceran terutama pada pasokan atau produksi barang domestik meningkat. hal ini juga terlihat dari kegiatan industri yang juga meningkat. Termasuk penjualan mobil dan motor,” bebernya menambahkan.

Transportasi dan pergudangan juga mengalami peningkatan. hal ini terlihat dari aktivitas muat barang komoditas unggulan meningkat, baik melalui jalur darat, sungai, laut dan udara. hal ini juga diiringi dengan kinerja sektor industri dan kegiatan ekspor yang mengalami peningkatan.

Administrasi pemerintahan, realisasi belanja pegawai alami penurunan. ini disebabkan adanya pemberhentian tenaga kotrak serta belum terealisasinya tambahan penghasilan pegawai (TPP) ASN pada triwulan I.

“Tunjangan pertama akan dibayarkan pada triwulan berikutnya. Untuk sektor Jasa Kesehatan, capaian tingkat vaksinasi dosis ke 2 di Kalimantan Tengah telah mencapai 90 persen serta tingkat vaksinasi anak mencapai 15 persen hingga akhir maret 2022,” katanya menambahkan.

Selama triwulan I tahun 2022 pengunjung tempat hiburan dan bioskop terjadi peningkatan diawal tahun jika dibandingkan triwulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Triwulan ini, peningkatan konsumsi rumah tangga (y-on-y) dipicu oleh peningkatan konsumsi subkomponen transportasi, komunikasi, dan perumahan. Namun terdapat penurunan pada konsumsi makan minum (q-to-q).

“Pengeluaran untuk konsumsi listrik dari Lembaga Sosial meningkat bila dibangingkan dengan tahun sebelumnya (y-on-y). Untuk realisasi APBD dan APBN (y-on-y) alami peningkatan khususnya belanja pegawai dan belanja barang dan jasa, namun turun signifikan bilan dibandingkankan relasisasi triwulan IV tahun 2021,” bebernya lebih dalam lagi

Untuk realisasi belanja modal pemerintah, realisasi pengadaan semen, pembelian kendaraan, dan impor barang modal turun. Namun realisasi pengadaan semen masih tumbuh positif secara y-on-y.

“selama triwulan I tahun 2022, nilai ekpor luar negeri mengalami peningkatan secara q-to-q maupun y-on-y. ini dipicu ddngan peningkatan signifikan pada nilai ekpor batu bara. Sementara Nilai Impor luar negeri alami penurunan (q-to-q), ini disebabkan turunya nilai impor mesin. Namun volume bongkar barang angkutan laut dan udara meningkat (y-on-y),” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: