FOTO: Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H. Purman Jaya.

Dewan Ini Minta Sekolah SMA/SMK, Sederajat di Kabupaten atau Kota Lebih Diperhatikan

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H. Purman Jaya.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Sejumlah kalangan DPRD Kalteng meminta agar pemerintah daerah khususnya Pemerintah Provinsi Kalteng untuk lebih memfokuskan lagi pembinaan Sekolah-sekolah terlebih untuk tingkat SMA/SMK di masing-masing Kabupaten/Kota. Pasalnya saat ini kewenangan SMA,SMK dan sederajat berada di Pemerintah Provinsi.

Seperti yang disampaikan anggota DPRD Kalteng, Purman Jaya mengatakan, keluhan peralihan pengelolaan tanggung jawab SMA/SMK masih banyak disampaikan oleh kepada DPRD, seperti yang disampaikan oleh sejumlah guru di daerah ketika diskusi dalam kegiatan reses di beberapa kabupaten di DAS Barito,” kata Purman, Senin (13/9/2021).

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD kalteng ini juga mengatakan, sejak peralihan pengelolaan sekolah ke provinsi, maka secara otomatis dalam APBD pemkab anggaran untuk SMA/SMK tidak ada lagi. Sehingga sekolah kesulitan memenuhi keperluan sekolah.

Dirinya menuturkan, piihak sekolah di Kabupaten Barito Utara meminta agar SMA/SMK di kabupaten setempat diperhatikan oleh Dinas Pendidikan provinsi. Dicontohkan Purman, perbaikan bangunan ruang SMA 2 Murung Raya, pembuatan pagar dan paving halaman sekolah hingga saat ini masih terbengkalai.

Tidak hanya itu, pihak sekolah juga menyampaikan permohonan bantuan berupa alat musik drum band dan lanjutan pembangunan Mushola SMA 2 yang baru fondasi juga masih terbentur dana.

Termasuk, ucap dia, dana tambahan selain BOS untuk SMA 1 Mampuak, usulan perumahan guru sebanyak 3 unit dan penambahan tunjangan. Kemudian, penambahan guru mata pelajaran SMA 1 Teweh Timur dan usulan pengadaan komputer.

“Tiga SMA yang kami datangi itu semua meminta agar Dinas Pendidikan provinsi memperhatikan kesulitan mereka sejak peralihan kewenangan pengelolaan dari kabupaten ke provinsi,”tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: