Peningkatan SDM, Rektor UPR Jalin MoU Dengan Sejumlah Kepala Daerah

FOTO : Rektor UPR, Dr. Andire Elia, SE,MSi ketika melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan sejumlah kepala daerah dan pemangku kepentingan, rabu (28/4/2021) di Aula Rahan Kantor Rektorat UPR.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Dalam upaya meningkatkan pengembangan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di wilayah kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Serta mencari dukungan dan menggalang kerjasama dengan banyak pihak, dalam mengembangkan penelitian internasional.

Guna mewujudkan hal tersebut, Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan sejumlah kepala daerah dan pemangku kepentingan, rabu (28/4/2021) di Aula Rahan Kantor Rektorat UPR.

Adapun penandatangan MoU dilakukan antara pihak UPR dengan Kepala Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan elemen penting dalam rangka upaya saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat dalam pembangunan di Kalteng. 

Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, SE,MSi menyampaikan, UPR saat ini memiliki SDM dan kapasitas yang mumpuni. Modal tersebut diharapkan mampu dalam membantu Pemerintah, baik pada level pusat maupun daerah untuk memformulasi pengembangan program-program pembangunan di semua sektor dengan berbasiskan potensi SDM yang tersedia di Propinsi Kalimantan Tengah.

“saya mengapresiasi kesediaan Kepala Cabang Palangka Raya BPJS Ketenaga Kerjaan Provinsi Kalimantan Tengah, Bupati Kabupaten Katingan dan
Gunung Mas untuk secara formal mulai melakukan upaya kolaboratif di berbagai bidang kerjasama sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) serta potensi
masing-masing yang tertuang di dalam naskah Nota Kesepahaman yang sudah tandatangani bersama,” kata Andrie Elia.

Dirinya berharap, dengan ditandatanganinya MoU secara bersam-sama tersebut, kedepan diharapkan mampu membuka peluang yang seluas-luasnya bagi pengembangan Pendidikan di Kalimantan Tengah, dan berharap akan diikuti oleh Pemerintah Kabupaten lainnya.

Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng ini kembali berhara agar MoU ini dapat di tindak lanjut dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara berbagai Fakultas, Lembaga dan UPT yang ada di UPR dengan BPJS Ketenaga
Kerjaan, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas yang lebih operasional.

“sehingga tujuan utama yang termuat didalam Nota Kesepahaman (MoU) dapat segera tercapai. Tak lupa saya juga menyampaikan penghargaan yang setingginya kepada Bupati Katingan dan Gunung Mas yang sudah cepat tanggap mempersiapkan SDM,”

“kedepan diharapkan mahasiswa kabupaten yang lulusan dari UPR sudah siap sebagai sumber tenaga kerja dan siap menjadi pekerja yang inovatif dan berdaya saing,” bebernya.

Disisi lain, Kepala Daerah Kabupaten Gunung Mas, Jaya S Monong menyampaikan, ucapan terima kasih kepada UPR yang sudah memberikan upaya terbaik dalam peningkatan SDM di Kalteng.

“Kami prinsifnya siap mendukung usulan yang didampaikan. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr. Andrie Elia yang selalu mengingatkan untuk selalu memperhatikan mahasiswa kami yang berasal dari Kabupaten Gunung Mas,” jelas Jaya.

Ditempat yang sama, Bupati Kabupaten Katingan, Sakariyas menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UPR, dimana Kabupaten Katingan salah satu daerah yang ditujuk sebagai pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“kami berharap mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Katingan dapat kembali ke daerah. Harapan saya dengan mahasiswa lulusan UPR, kedepan ada kerjasama terkait pembinaan Dana Desa di Daerah, karena menurut saya dana desa yang dikelola cukup tinggi dibanding SDM yang mengelolanya,” harap Sakariyas.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: