Dua Kali Mangkir Panggilan, Disnakertrans Barsel Ultimatum PT. AC

Mangkir : Untuk kedua kalinya, pihak management PT. AC mangkir dari panggilan penyelesaian sengketa ketenaga kerjaan di Disnakertrans Barsel.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Lantaran dua kali sudah pihak management PT. Artha Contractors (AC) mangkir dari panggilan penyelesaian sengketa dengan tenaga kerja, Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Barito Selatan ultimatum akan merekomendasikan sanksi kepada perusahaan bersangkutan.

Diungkapkan oleh Kepala Disnakertrans Barsel Agus In’yulius, melalui Kabid Hubungan Industrial dan Jamsostek, Alamsyah, pihaknya sudah memanggil perusahaan yang merupakan operator stockpile batubara milik PT. Asmin Koalindo Tuhup (AKT) itu pada Kamis (18/2/2021) lalu.

Namun karena beralasan belum disetujui oleh management pusat (HO), perusahaan yang beroperasi di wilayah Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir, Barsel tersebut tidak menghadiri panggilan itu.

Begitupun pada panggilan kedua, Jumat (5/3/2021), dengan alasan yang sama, pihak PT. AC kembali tidak hadir alias mangkir di Disnakertrans Barsel.

Untuk itu, diakui Alam, pihaknya akan memanggil kembali perusahaan dimaksud dalam waktu dekat.

“Kita akan kembali memanggil pihak perusahaan. Kita berharap agar mereka korperatif dan mau hadir untuk melakukan musyawarah penyelesaian sengketa ketenaga kerjaan mereka,” terangnya saat ditemui awak media di Kantornya, Jumat (5/3/2021)

Sementara itu, ditambahkan oleh Alam, apabila untuk ketiga kalinya pihak perusahaan tidak juga menghadiri panggilan, maka dinas akan merekomendasikan pemberian sanksi terhadap perusahaan bersangkutan.

“Kalau mereka tidak juga mau hadir dalam pemanggilan ketiga ini, maka akan kita rekomendasikan untuk diberikan sanksi. Tapi nanti kita pelajari dulu Undang Undangnya,” tegas Alam.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini PT. AC diduga belum juga memenuhi kewajiban mereka untuk membayarkan hak gaji dan BPJS Ketenaga Kerjaan beberapa karyawan mereka yang dirumahkan.(Sebastian)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: