Legislator Senior Ingatkan Pembangunan RS Type A Harus Memperhatikan Pengelolaan Limbah

FOTO: Ketua Komisi III DPRD Kalteng, bidang pendidikan dan kesehatan, Duwel Rawing.

 

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyambut baik adanya rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) Type A di Kota Palangka Raya.

Namun kendati demikian, yang menjadi catatan dalam pembangunan tersebut, kalangan legislator meminta agar pengelolaan limbah rumah sakit dapat diperhatikan dan dipersiapkan sebaik mungkin. 

Hal ini, seperti diutarakan oleh Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengungkapan, hal ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Tentu itu harus menjadi perhatian eksekutif, mengingat di Kalteng ini sama sekali belum ada tempat pengolahan limbah dari RS. Selama ini kan limbah RS kita itu dikirim ke provinsi tetangga, Kalimantan Timur (Kaltim), karena memang baru disana yang memiliki tempat pengolahan limbah RS sendiri,” Ucap Politisi Senior PDI-Perjuangan Kalteng tersebut, Kamis (3/12/2020).

Sambung Wakil Rakyat dapil Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini mengatakan, apabila Kalteng memiliki tempat pengolahan limbah RS sendiri, diyakini dapat menekan anggaran yang biasanya digunakan untuk mengirimkan limbah tersebut secara maksimal, sehingga dapat dialokasikan untuk kepentingan lain.

“Jelas biaya pengiriman limbah itu cukup besar membebani anggaran kita. Nah, kalau kita punya tempat pengolahan sendiri, maka anggaran itu bisa kita tekan semaksimal mungkin dan juga bisa dialokasikan untuk kepentingan lain yang dapat berguna bagi pembangunan daerah kita. Jadi harapannya, pemprov dapat memberikan perhatian khusus terhadap tempat pengolahan limbah RS sendiri, guna menunjang RS Tipe A itu juga,” pungkasnya. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: