Rektor UPR Sambut Baik Pencanangan Food Estate di Wilayah Kalteng

FOTO : Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Dr Andrie Elia Embang SE MSi

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Pencanangan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya wilayah Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau menjadi lokasi Food Estate, tampaknya mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya berasal dari tokoh akademisi Kalteng, yakni Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia Embang SE MSi.

Menanggapi adanya penetapan wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai lokasi pengembangan Food Estate, untuk menunjang ketahanan pangan nasional, Rektor UPR Dr Andrie Elia menilai bahwa langkah pemerintah pusat, dalam hal ini khususnya dari bapak Presiden RI Ir Joko Widodo sudah sangat lah tepat.

“Saya juga berterima kasih kepada bapak Presiden RI Ir Joko Widodo yang telah menunjuk wilayah Kalimantan Tengah, menjadi salah satu lokasi penunjang ketahanan pangan nasional,” Ucap Dr Andrie Elia, Senin (13/7/2020).

Lebih lanjut, Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah ini juga mengharapkan sekaligus menyarankan, dalam pengembangan Food Estate kedepan, hendaknya juga bisa mengikutsertakan masyarakat lokal, terutama para petani peladang tradisional dan sumber daya manusia (SDM) lokal di daerah setempat, dengan harapan mereka juga bisa diberdayakan.

“Selain itu, lokasi pengembangan Food Estate yang ditetapkan, adalah lokasi eks PLG khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Barito Selatan juga sudah tepat, karena lokasi tersebut saat ini, juga sudah menjadi salah satu sentra pertanian Kalimantan Tengah,” Katanya menambahkan.

Pencanangan Food Estate di Kalimantan Tengah, tidak hanya untuk menunjang ketahanan pangan nasional saja, melainkan itu juga sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara Baru.

Sambung Ketua Pengurus Daerah Keluarga Alumni Gajah Mada (KAGAMA) Kalteng ini kembali mengharapkan, kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, untuk bisa bersama-sama mendukung program yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat tersebut.

“Sekali lagi, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya kepada bapak Presiden RI Ir Joko Widodo, karena telah menunjuk Kalimantan Tengah sebagai lokasi pencanangan Food Estate,” Tukasnya.

Ia juga berharap, dengan pencanangan Kalimantan Tengah sebagai lokasi pengembangan Food Estate, maka pihaknya pun sangat menyambut baik, karena harapannya SDM lulusan dari UPR, serta civitas akademika UPR, juga bisa turut serta berkontribusi, dalam bidang keilmuan.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: