Pemda Bartim Pastikan Pasokan Ayam Pedaging Lancar

FOTO : ilustrasi (dok/beritakalteng.com)

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Barito Timur Ir. Riza Rahmadi mengatakan untuk warga masyarakat Barito Timur agar tidak terlalu panik atau khawatir tentang pasokan ayam pedaging yang masuk daerah kabupaten Barito Timur ini.

“Untuk semua distribusi ternak juga ketika melintasi pos lintas ternak akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan, baik yang keluar maupun yang masuk ke wilayah Barito Timur,” ucap Ir. Riza Rahmadi, Rabu (3/6/2020).

Ia menjelaskan, untuk saat ini terdapat 39 peternak ayam pedaging di Kabupaten Barito Timur ini yang sudah bermitra dengan perusahaan di Kalimantan Selatan.

“Cuma 39 kandang populasi terkecil dari 1.000 ekor dan kandang dengan populasi terbesar 24.000 ekor,” jelas Riza Rahmadi.

Menurut Riza, dari 39 peternak tersebut tidak bermitra dengan daerah yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sehingga untuk resiko penularan Covid-19 melalui sopir yang mendistribusikan ayam kemungkinan sangat kecil.

“Kirim ayamnya hanya ke daerah Tabalong dan Hulu Sungai Utara, serta para sopir kol kesehatan terkait Covid-19 ini,” pesanya.

Untuk distribusi juga lancar karena ayam termasuk dari jenis barang atau produk yang diizinkan pendistribusiannya dalam intruksi Bupati Barito Timur Nomor : 180/7/HUK/V/2020 tentang pengamanan dan penjagaan pos-pos perbatasan.(ag/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: