Komisi II DPRD Kalteng Dorong Peningkatan Kualitas Kebun Karet Masyarakat

Foto : anggota komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati beserta jajaran ketika melakukan kunjungan kerja ke Kalsel. 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Dalam rangka mendorong terjaganya kualitas hasil karet, dari para petani karet di Kalimantan Tengah, Komisi II DPRD Kalteng melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Ini dilakukan jauh hari, sebelum adanya himbauan pembatasan kepada semua pihak, untuk meninggalkan dan bepergian ke luar daerah Kalimantan Tengah.

Disampaikan oleh anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati bahwa tujuan kunjungan ke provinsi tetangga tersebut, dalam rangka kunjungan kerja keluar daerah. Dimana, saat itu, mereka melihat secara langsung semua proses pengolahan karet di salah satu pabrik pembuatan ban, yang ada di daerah setempat.

Ina menyampaikan, yang menjadi catatan menarik, salah satunya, ialah bagaimana upaya bersama, untuk menjaga mutu kualitas hasil kebun karet, dari masyarakat setempat, agar terserap oleh pasar. Ia juga mengatakan bahwa hasil mutu kualitas hasil kebun karet masyarakat setempat, sangat dijaga dan selalu diperhatikan secara serius.

“Ini lah yang menjadi catatan kami, dimana harapannya mutu kualitas karet dari Kalteng juga dapat selalu diperhatikan oleh semua pihak,” Ucap Ina Prayawati, Selasa (24/03).

Dalam hal ini, lanjut Ina menjelaskan, sebenarnya kualitas bahan karet dari kebun masyarakat Kalteng, sudah cukup baik, namun terkadang ada saja pihak-pihak tertentu, yang berbuat ‘nakal’ yang diduga secara sengaja melakukan berbagai bentuk kecurangan, seperti mencampurkan bahan karet dengan batu kerikil, potongan kayu dan sendal jepit dan lain sebagainya. Sehingga, imbasnya akan berpengaruh pada serapan bahan karet masyarakat Kalteng di pasaran.

“Berkenaan hal tersebut, kami mendorong masyarakat pekebun karet di wilayah Kalimantan Tengah, agar dapat meningkatkan mutu kualitas bahan hasil karetnya, yang mana harapannya itu dapat secara mudah terserap oleh pasar,” Kata Srikandi Fraksi PDI-P Kalteng tersebut menambahkan.

Sambung Ina Prayawati menuturkan, apabila masyarakat dapat mengupayakan peningkatan kualitas bahan karet yang dihasilkan, dan masih sulit mendapatkan pasar, maka pihaknya pun bersedia menghubungkan dengan pihak pasar, dengan harapan itu akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat pekebun karet di Kalteng.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: