Foto :

2 Warga Palangka Raya Positif Covid-19, Pemprov Kalteng Naikan Status Siaga ke Tanggap Darurat

Foto : Ketua Tim Gugus Tugas, Leonard S Ampung ketika menyampaikan press release ke sejumlah awak media, jumat (20/3) sore tadi. 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Perkembangan informasi terakhir, terkait penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menyampaikan melalui siaran langsungnya bahwa di Kalteng ini, sudah ada 2 (dua) orang yang dinyatakan positif  Covid-19.

Melalui siaran langsung nya, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, berdasarkan perkembangan informasi yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng dan perkembangan laporan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kalau sebentar lagi pihaknya berencana akan meningkatkan status penanganan Covid-19, yang mana sebelumnya dari Status Siaga Darurat Covid-19, menjadi Status Tanggap Darurat Covid-19.

“Karena, kami telah mendapat laporan, pada jam ini tadi, kalau di Kalteng ini sudah ada 2 orang yang sudah positif Covid-19,” Ujar H Subianto Sabran, melalui siaran langsungnya, Jumat (20/03) siang tadi.

Berkenaan dengan hal itu, pada sore Jumat 20 Maret 2020, sekira pukul 16.07 WIB, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menggelar pres release, terkait perkembangan informasi penanganan Covid-19 di Kalteng.

Kepada para awak media, Ketua Tim Gugus Tugas, Leonard S Ampung menyampaikan perkembangan jumlah data, terkait Orang Dengan Pemantauan (ODP) dan Pasien Dengan Pemantauan (PDP) se Kalteng.

Adapun jumlah orang yang berstatus ODP se Kalteng ada sebanyak 130 orang. Dimana, yang terbanyaknya ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ada 33 orang.

“Pada hari ini kita juga merubah status, dari Siaga Darurat Covid-19, menjadi Tanggap Darurat Covid-19. Terhitung dari sore ini, Jumat 20 Maret 2020, maka status Tanggap Darurat mulai diberlakukan,” Tegas Leonard.

Sedangkan, untuk pasien yang berstatus Pasien Dengan Pemantauan (PDP), total kasus ada 29 orang, dengan progress sebagai berikut, dinyatakan negatif ada 10 orang, menunggu hasil pemeriksaan laboratorium ada 17 orang, kemudian ada 2 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

“Dari kedua orang tersebut, semunya adalah warga Kota Palangka Raya. Kita mendapatkan hasilnya baru sore hari ini, dan saat ini berada di RS Doris Sylvanus,” Ujarnya menambahkan. 

Sambung Leonard, untuk distribusi PDP yang sedang mendapat perawatan, di masing-masing daerah se Kalteng, yakni di Kota Palangka Raya ada 24 orang termasuk yang positif tadi, Kabupaten Kotim belum ada, Kotawaringin Barat ada 5 orang.

Selanjutnya, berdasarkan asal daerah pasien, dari Palangka Raya ada 17 orang, Kobar 3 orang, Sukamara ada 1 orang, Lamandau 1 orang, Seruyan 1 orang, Barito Selatan ada 1 orang, Barito Utara 1 orang.

“Dalam rangka itu, kami juga tentunya telah mempersiapkan ruang isolasi. Karena mengingat, untuk pasien yang dinyatakan positif Covid-19, maka pihak keluarga terdekat pasien tersebut, harus ikut diisolasi,” Tegasnya.

Ditambahkannya, di Kalteng pihaknya sudah mempersiapkan 3 rumah sakit, dengan 7 ruangan yang memiliki sekitar 36 tempat tidur. Sementara, untuk keluarga yang dinyatakan dari pasien yang positif, maka pihaknya juga telah mempersiapkan Bapelkes, sebagai tempat isolasi, monitoring dan karantina dari pihak keluarga.

“Kemudian, untuk pasien lainnya yang masih berstatus PDP, kondisinya masih stabil, dan ada juga masih dalam proses penstabilan kondisi kesehatan pasien,” Tutupnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: