Direktur PPS UPR Dikukuhkan Menjadi Ketua Pengda IATPI Kalteng

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Pengurus Daerah Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (Pengda IATPI Kalteng), periode tahun 2020 – 2024 resmi dikukuhkan, senin (17/2)

Dimana, pengukuhan Pengda IATPI Kalteng periode tahun 2020-2024 ini, langsung dilakukan oleh Ketua IATPI Pusat, yakni bapak Dr Ir Khalawi AH MSc MM, yang disaksikan pula oleh Sekretaris Eksekutif IATPI Pusat bapak Nur Hasan, Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi beserta jajaran, Kepala Dinas Perkimtan Provinsi Kalteng bapak Ir Leonard S Ampung ST MT, serta para tamu undangan lainnya, bertempat di Aula Rahan, lantai 2 gedung Rektorat UPR. 

Adapun susunan Pengda IATPI Kalteng periode 2020-2024, yang baru saja dikukuhkan,  diantaranya sebagai Ketua Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP, Wakil Ketua I Hayatun Naimah ST MT, Wakil Ketua II  Juni Dwi Astono ST MSi, Wakil Ketua III Agustinus M Karing SPi MSi.

Sekretaris Novrianti ST MT, Bendahara Arisha Yustina SArs, Ketua Bidang Kesekretariatan Salfianita ST, Ketua Bidang Komunikasi dan Humas Muh Azhari MSi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IATPI Pusat yang sekarang juga menjabat sebagai Dirjen Perumahan Kementrian PUPR RI, Dr Ir Khalawi AH MSc MM sedikit bercerita, dulu awalnya cikal bakal terbentuknya IATPI ini, dari kawan-kawan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Sehingga, tidak lah heran bila pengurus pusatnya, mayoritas lulusan ITB.

Meski dalam perjalanannya, IATPI melalui lika liku, tapi sekarang kita syukuri bersama, ini sudah bisa berkembang secara masif. Dari 34 Provinsi di Indonesia, 20 diantaranya sudah memiliki kepengurusan. Baik itu yang baru dikukuhkan, ataupun sudah lama berjalan. Bahkan dalam waktu dekat ini, kepengurusan di 6 provinsi akan dikukuhkan lagi, sehingga kedepan kepengurusan IATPI di Indonesia, akan semakin berkembang.

Jika berbicara teknik penyehatan dan teknik lingkungan, ternyata kedepan peranananya sangat lah penting. Karena, ada sekitar 43 keahlian yang ada dalam IATPI ini. Dimana, salah satunya mengenai teknik pengelolaan sampah.

“Baik itu di daerah ataupun di wilayah perkotaan, sampah menjadi suatu persoalan, yang timbul dari berbagai aktivitas manusia. Sehingga, ini dibutuhkan keahlian dan teknik pengelolaannya, guna mengatasinya,” ucap Dr Ir Khalawi pada sambutannya, saat pengukuhan Pengda IATPI Kalteng.

Diharapkan, IATPI dapat berperan aktif, dalam upaya melakukan teknik penyehatan dan teknik lingkungan. Dan, sekaligus pula berkontribusi pada pembangunan wilayah, termasuk pula di Kalteng ini. Sehingga, keberadaan IATPI Kalteng, dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Sementara itu, Ketua IATPI Kalteng yang baru saja dikukuhkan, Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP menyampaikan terima kasih, atas amanah yang telah diberikan kepada dirinya bersama-sama dengan Pengda IATPI Kalteng lainnya, untuk menjalankan organisasi ini.

“Adapun alasan saya menerima menjadi Ketua Pengda IATPIK Kalteng, ialah tidak lain dari latar belakang pendidikan saya, dari Ilmu Teknik Lingkungan, artinya nyambung dengan latar belakang pendidikan saya. Dan, ini menjadi suatu kehormatan besar bagi saya selaku ketua, dan rekan-rekan pengurus lainnya, untuk bisa menjalankan organisasi ini,” kata Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP.

Setelah ini, lanjut Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP menuturkan, Pengda IATPI Kalteng, dalam menjalankan tugasnya, akan selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait, baik itu bersama pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah ini, termasuk pula dengan sejumlah Mitra Kerja IATPI Kalteng itu sendiri.

Selain itu, Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP yang juga menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana UPR ini berharap, agar kedepan di UPR, dibawah Fakultas Teknik, dapat membuka program studi teknik penyehatan dan teknik lingkungan.

Hal ini, dalam rangka mendorong penyelenggaraan pendidikan di UPR ini, guna mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi, keahlian serta daya saing yang tinggi. Senada dengan, visi misi besar dari bapak Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, menuju UPR Jaya Raya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: