Gelar Pelatihan Market Place, Disdagperin Kalteng Gandeng Bukalapak

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Dalam rangka mendorong pengembangan usaha dan Industri Kecil Menengah (IKM), maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng menggelar kegiatan pelatihan platform market place.

Kegiatan ini dilaksanakan, berkat kerjasama antara Disdagperin Kalteng, dengan market place Bukalapak. Yangmana, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan peningkatan pengetahuan kepada para pelaku usaha dan IKM Kalteng, terkait pemasaran melalui aplikasi online, seperti Bukalapak.

Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty SH HM, melalui Kepala Bidang Industri Disdagperin Kalteng Taragino SE menyampaikan, kegiatan ini sebagai salah satu tindak lanjut implementasi pengembangan usaha dan industri kecil menengah di Kalteng.

“Pentingnya kegiatan ini, sebagai upaya mendorong agar para pelaku usaha dan industri kecil menengah di Kalteng, untuk dapat memacu para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan mutu produk yang dihasilkan,” terang Taragino SE, di sela-sela kegiatan yang dilaksanakan di hotel Fovere, Rabu (30/10) tadi pagi.

Sambung, Taragino menerangkan, hendaknya para pelaku usaha juga harus melengkapi produk usahanya,  dengan berbagai legalitas produk, diantaranya ijin dari BPOM dan sertifikasi Halal jika itu produknya berupa jamu obat makanan maupun minuman. Sedangkan, untuk produk non makanan, juga harus melengkapi legalitas, seperti sertifikasi SNI.

Kemudian, ketika produk tersebut telah memiliki legalitas, maka selanjutnya pun harus dipasarkan. “Untuk pemasarannya, terlebih di era revolusi industri 4.0 ini, tidak hanya mengandalkan pasar tradisional, yang harus memiliki tempat atau gerai. Namun, itu dapat pula dilakukan dengan menggunakan kemajuan teknologi internet, yang dapat diakses secara luas, seperti menggunakan aplikasi Bukalapak,” kata Taragino menjelaskan.

Sementara itu, masih ditempat yang sama Sophan Kamajaya, selaku Community Engagement Bukalapak, yang sekaligus sebagai mentor kegiatan tersebut menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Disdagperin Kalteng, yang mengadakan pelatihan seperti pemasaran online.

“Kami dari Bukalapak, tentunya akan selalu siap mendorong para pelaku usaha dan industri kecil menengah, memasarkan hasil produk olahannya,” kata Sophan.

Timpal Sophan, para peserta yang juga merupakan para pelaku usaha dan industri kecil menengah di Kalteng, akan diajarkan berkenaan dengan kiat-kiat dan strategi pemasaran online, yang tentunya mereka akan memiliki kesempatan memperluas pemasaran produknya, hingga ke sejumlah daerah, dimanapun dan kapanpun juga.

Para pelaku usaha dan industri kecil menengah di Kalteng, yang menjadi peserta kegiatan ini, diajarkan untuk bisa memiliki akun Bukalapak, memasarkan produk di Bukalapak, hingga pada beberapa kiat khusus berkenaan strategi pemasaran produk di Bukalapak.

“Dengan memasarkan produk hasil olahannya di market place Bukalapak, maka para pelaku usaha dapat memasarkan produknya secara nasional, hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Sehingga, dengan demikian para pelaku usaha di Kalteng, dapat menjangkau pasar nasional,” tutupnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: