Resmi Dilantik, PWI Kalteng Prioritaskan Peningkatan SDM Insan Pers

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Kepengurusan  Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (PWI Kalteng) periode 2019-2024, yang mengamanahkan HM Haris Sadikin sebagai Ketua dan Ika Lelunu sebagai Sekretaris PWI Kalteng, Resmi Dilantik, Sabtu (14/09) di Palangka Raya.

Pelantikan pengurus PWI Kalteng periode 2019-2024, dilakukan oleh Ketua PWI Pusat H Atal S Depari, yang disaksikan oleh para tamu undangan, diantaranya Asisten II Setda Provinsi Kalteng H Nurul Edy.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, perwakilan Polda Kalteng, perwakilan Korem 102/Pjg, perwakilan SOPD dan Forkompinda Kalteng. Kegiatan bertempat di Ballroom Hotel Luwansa, Jalan G Obos Kota Palangka Raya.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Pusat H Atal S Depari menyampaikan apresiasi terhadap program PWI Kalteng, yang mengedepankan pendidikan dan pelatihan wartawan bekerjasama dengan Universitas Palangka Raya (UPR).

“Hal ini, tentunya banyak memberikan manfaat untuk meningkatkan kompetensi wartawan. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi wartawan di Kalteng, agar terus berkualitas dan mampu berdaya saing dengan daerah lain.”

“Mengingat, peranan dan fungsi wartawan tidak akan tergantikan sampai kapan pun, karena wartawan akan hidup sepanjang zaman, tidak tergantikan oleh mesin ataupun robot”, ucap H Atal S Depari dalam sambutannya.

Atal yang juga sempat bertugas di Surat Kabar Harian Umum Tabengan ini mengatakan, tugas PWI Kalteng ke depan semakin berat, salah satunya dengan cara melalui berbagai pelatihan/pendidikan atau edukasi bagi para insan pers.

Selain itu, Dirinya mengaku bangga dengan Pengurus PWI Kalteng yang baru dilantik ini, karena banyak diwarnai oleh kaum milineal, yang muda energik dan penuh semangat, guna membawa PWI Kalteng ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng periode 2019-2024 HM Haris Sadikin menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya, kepada semua pihak, terlebih para insan pers se Kalteng, yang telah memberikan kepercayaan untuk menahkodai PWI Kalteng.

Tidak lupa, Haris juga sembari mengajak kepada seluruh  jajaran pengurus dan anggota PWI Kalteng, untuk lebih mencintai organisasi profesi ini, dengan turut mendukung pelaksanaan berbagai program PWI Kalteng, agar dapat lebih maju dan berkembang kedepannya.

“Selain itu, dalam kesempatan ini PWI Kalteng juga akan menandatangani perjanjian kerjasama atau MoU dengan pihak UPR dan RS Awal Bros Betang Pambelum,” Imbuhnya.

Lanjut dijelaskan Haris, kerjasama antara PWI Kalteng dengan UPR adalah untuk membantu pendidikan wartawan dan anak-anaknya. Yangmana, kedepannya pihak UPR akan memberikan kuota perkuliahan, khususnya untuk anak-anak wartawan berkuliah di UPR.

Kemudian, begitupula untuk kerjasama dengan RS Awal Bros Betang Pambelum, terkait pelayanan medis untuk wartawan anggota PWI dan keluarganya.

Nantinya, apabila ada wartawan anggota PWI yang ingin berobat atau medical ‘check up’, tinggal menunjukan Kartu Biru PWI Kalteng, maka akan mendapat pelayanan kelas VVIP di RS Awal Bros Betang Pambelum.

Dirinya juga mengharapkan dukungan semua pihak dan pengurus PWI untuk bersama-sama bergandengan tangan menjalankan program-program PWI Kalteng ke depan, termasuk dalam meningkatkan kompetensi wartawan di Kalteng.

Disisi lain, Asisten II Setda Provinsi Kalteng H Nurul Edy menyampaikan dukungan dan apresiasinya, terhadap berbagai program yang dilakukan oleh PWI Kalteng. Hal pentingnya, yaitu pendidikan dan peningkatan kualitas sdm wartawan, dalam rangka mendorong insan pers yang berkualitas dan berdaya saing.

“Saya sangat mengapresiasi, peningkatan sdm insan pers melalui berbagai kegiatan pelatihan, yang dapat menghasilkan hal-hal yang positif, terutama peran pers dalam mendorong pembangunan di Kalteng,” ujarnya.

Selain itu, Nurul Edy juga menambahkan, harapannya para pengurus PWI Kalteng periode 2019-2024 dapat memperjuangkan kesejahteraan para insan pers, antara lain mengenai pembangunan perumahan wartawan.

Karena mengingat, lokasi lahannya telah tersedia di Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya, dan telah memiliki alas hak yang kuat berupa sertifikat.

“Lokasi lahan tersebut, memang telah disediakan untuk perumahan para wartawan, dan lokasi lahan itu harus tetap dipelihara dan dijaga, agar tidak terbakar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, ataupun dicaplok oleh pihak lainnya. Sehingga, akhirnya itu dapat menimbulkan berbagai permasalahan dikemudian harinya,” ujar Nurul berpesan.

Sebagai informasi tambahan, selain pelantikan pengurus PWI Kalteng periode 2019-2024, pada kegiatan yang sama juga dilaksanakan pelantikan IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Kalteng periode 2019-2024.

Serta, dilakukannya penandatanganan MoU antara PWI Kalteng dengan UPR dalam bidang pendidikan, dan PWI Kalteng dengan Rumah Sakit Awal Bros Betang Pambelum dalam bidang kesehatan.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: