Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Ekonomi Regional

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), memiliki luas satu setengah dari luasan pulau Jawa. Terlebih lagi, potensi yang dimiliki, sangatlah luar biasa, terutama potensi pada perekonomiannya, yang sekarang terus bertumbuh.

Beranjak dari hal itu, maka harus didukung adanya ketersediaan infrastruktur, yang memadai. Sehingga, dapat berdampak kepada berbagai sektor kehidupan masyarakatnya. Dimana salah satu dampak, yang sangat dirasakan, yaitu pada lini pertumbuhan perekonomian regionalnya.

Keterkaitan, antar ‘pembangunan infrastruktur mendorong pertumbuhan ekonomi regional’ ini, menjadi satu tema besar, dari kegiatan Seminar Nasional, yang sekaligus diisi pula, dengan rangkaian kegiatan pelantikan, Ketua beserta Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Kota Palangka Raya, yang diselenggarakan di aula Palangka, Senin (15/07).

Hadir sekaligus membuka kegiatan ini, Wakil Gubernur Kalteng. Dimana, dalam sambutannya, Habib Said Ismail menyampaikan, apreasiasinya atas pelaksanaan seminar nasional ini, yang sekaligus Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat, atas pelantikan ketua beserta sejumlah pengurus ISEI Kota Palangka Raya.

Habib juga mengatakan, kondisi infrastruktur guna pertumbuhan ekonomi, memang sebenarnya sudah memadai. Meski, ada pula beberapa daerah yang masih membutuhkan perhatian serius.

“Infrastruktur yang dimaksudkan disini, diantaranya adalah jalan dan bangunan, yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi regional. Dengan ketersedian infrastruktur yang bagus, maka akan membuka keterisolasian suatu daerah, yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, untuk lebih baik lagi,” terangnya.

Dirinya juga menambahkan, dengan adanya pembangunan infrastruktur yang bagus, maka akan berpengaruh pula pada pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Harapannya, melalui seminar nasional ini, maka dapat memberikan sebuah rekomendasi, kepada pemerintah daerah.

“Harapannya, dengan adanya pelantikan kepengurusan ISEI Kota Palangka Raya, dapat mensinergikan, antara pemerintah dengan para pelaku usaha UMKM. Dengan, berbagai gagasan yang diberikan kepada pemerintah, diharapkan dapat menjadi salah satu acuan, dalam pengambilan kebijakan-kebijakan,” ucap Habib.

Sementara itu, Ketua ISEI Kota Palangka Raya yang baru dilantik, Dr Miar SE MSi mengatakan, tentunya sebagai pengurus ISEI Kota Palangka Raya yang baru dilantik. Kedepan, diharapkan dapat lebih aktif lagi, memberikan masukan-masukan, yang diharapkan dapat bermanfaat, terutama dalam hal perumusan berbagai kebijakan.

“Terutama, turut serta dalam proses pembangunan di Kalteng. Hal ini, sesuai dengan program ISEI pusat, yakni menjadi mitra pemerintah. Termasuk, mendukung berbagai program pemerintah pusat maupun program pemerintah daerah. Dalam ranka memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Dr Miar.

Sebagai informasi tambahan, sebagai Ketua ISEI Kota Palangka Raya terpilih, yakni Dr Miar SE MSi, yang sekarang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi UPR.

Pelantikan ketua beserta pengurua ISEI Kota Palangka Raya periode 2019-2023, dilakukan oleh Ketua Bidang III Pengurus Pusat ISEI Prof Ari Kuncoro PhD, disaksikan sejumlah tamu undangan penting lainnya, seperti Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail, Ketua Bappeda Kalteng Yuren S Bahat.

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Perwakilan Bank Indonesia cabang Kalteng, perwakilan pemerintah provinsi, perwakilan bank swasta yang merupakan mitra kerja ISEI Kota Palangka Raya. Turut hadir, puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi UPR.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: