Menpan-RB RI : Sudah Sepantasnya Polda Kalteng Naik Tipe A

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Menteri Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB RI),  Dr H Asman Abnur SE MSi beserta rombongan, melaksanakan kunjungan kerja ke Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kalteng, terkait tinjauan tipologi Polda Kalteng, Rabu (24/04) pagi.

Usulan peningkatan tipologi Polda Kalteng, dari tipe B ke tipe A bukan tidaklah berasalan. Sebabnya, Kalteng merupakan provinsi terluas nomor tiga di Indonesia setelah Papua, dengan luasnya 157.983 km², dan populasi penduduknya mencapai 2.202.599 jiwa.

Menpan-RB RI Dr H Asman Abnur SE MSi beserta rombongan, berkesempatan melaksanakan ramah tamah, bersama Kapolda Kalteng Brigjend Pol Drs Anang Revandoko, Asisten Perencanaan (Asperna) Mabes Polri Irjend Pol Bambang Sunarwibowo, Plt Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri,  Ketua DAD Provinsi Kalteng Agustiar Sabran, Komandan Korem 102/Pjg Kolonel Arm H Naudi Nurdika, dan sejumlah pejabat utama di lingkungan Polda Kalteng, serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah Provinsi Kalteng.

Selanjutnya, Menpan-RB RI  Dr H Asman Abnur SE MSi beserta rombongan yang didampingi Kapolda Kalteng, setelah melaksanakan ramah tamah juga berkesempatan menyaksikan langsung, simulasi penanggulangan teror yang diperagakan oleh satuan anti teror CRT, Satbrimob dan jajaran personil Polda Kalteng.

Setelah menyaksikan langsung rangkaian simulasi penanggulangan teror, Menpan-RB RI Dr H Asman Abnur SE MSi, bersama Kapolda Kalteng  Brigjend Pol Drs Anang Revandoko dan rombongan, kembali beranjak menuju gedung kerucut graha Bhayangkara Mapolda Kalteng, guna mendengarkan paparan langsung baik dari Menpan-RB RI, maupun Kapolda Kalteng perihal tinjauan tipologi Polda Kalteng.

Dalam paparannya Kapolda Kalteng Brigjend Pol Drs Anang Revandoko, menyampaikan gambaran umum Provinsi Kalteng yang intinya, terkait geografi demografi, potensi daerah, perekonomian dan kompleksitas persoalan serta tantangan yang dihadapi oleh jajaran Polda Kalteng ,sampai ke daerah pelosok.

“Kompleksitas yang dihadapi oleh jajaran Polda Kalteng, hingga ke tingkat terendah, yakni Polres dan Polsek yang tersebar di 14 kabupaten kota se Kalteng relatif besar. Terlebih lagi Kalteng memiliki 11 Daerah Aliran Sungai (DAS), sehingga diperlukan adanya pelayanan dari Polri kepada masyarakat sampai ke daerah pelosok,” kata Kapolda Kalteng.

Jenderal Polisi Bintang Satu ini juga mengatakan kendala dan tantangan lainnya, yakni di sejumlah kecamatan di 14 kabupaten kota, masih belum ada Polsek, serta masih minimnya sarana dan prasarana, terutama kendaraan operasional untuk menjangkau daerah pelosok.

“Kondisi demikian, tidak menjadi kendala dari jajaran Polda Kalteng, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berada di daerah pelosok. Adanya dukungan dari pemerintah daerah, semakin nyata terutama dari gubernur Kalteng yang berkenan mensuport Babinkamtibmas, dengan memberikan 50 unit sepeda motor trail, agar semakin memperlancar akses personil untuk menjangkau daerah-daerah pelosok yang harus menempuh jalur ekstrim,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dari personil Polri Polda Kalteng, tidak terlepas dengan adanya dukungan semua pihak. Selain itu, guna mendukung pencapaian pelayanan publik yang optimal, dari anggota Polri Polda Kalteng kepada masyarakat, maka harus didukung pula dengan adanya peningkatan institusi, yakni peningkatan tipologi Polda Kalteng, dari semula tipe B menjadi tipe A.

Sementara itu, Menpan-RB RI Dr H Asman Abnur SE MSi, mengatakan bahwa pengajuan peningkatan tipologi Polda, memiliki persyaratan-persyaratan yang seharusnya dipenuhi. Mulai dari Kelembagaan, SDM dan Keuangannya harus ikut meningkat

“Polda Kalteng, ketika melihat persyaratannya sudah cukup, sepantasnyalah mengajukan usulan peningkatan tipologi Polda, dari tipe B ke tipe A,” kata Menpan-RB RI dihadapan sejumlah awak media, seusai melaksanakan paparan tipologi Polda.

Dr H Asman Abnur SE MSi menuturkan, dalam proses peningkatan tipologi Polda, wajib memperhatikan berbagai aspek pertimbangan dan penilaian yang dilakukan oleh tim tipologi.

Dimana, indikator penilaian tersebut meliputi pelayanan publik, akuntabilitas, transparansi, bersih dan bebas korupsi. “Hasil penilaian ini, selanjutnya akan disampaikan langsung oleh tim tipologi, kepada Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Jakarta. Yangmana, hasil tersebut sebagai rekomendasi kelayakan, apakah perlu dilakukan peningkatan tipe apa tidak,” ungkap Dr H Asman Abnur SE MSi.

Ia juga menambahkan, khususnya hasil tinjauan tim tipologi dan evaluasi, berkenaan penilaian tipologi Polda Kalteng, akan disampaikan pada akhir bulan April 2018 ini.

Sedikit menyentil dengan nada santainya, Menpan-RB RI dengan melihat hasil paparan Kapolda Kalteng Brigjend Pol Drs Anang Revandoko, maka sudah sepantasnyalah Polda Kalteng menjadi tipe A. (dhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: