Kades Diminta Kreatif,Manfaatkan Program Tora Dengan Baik

SAMPIT, GERAKKALTENG.COM – Anggota Komisi III DPRD KKotim Sarjono SH meminta agar seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di Kotim ini, untuk lebih jeli melihat peluang bagi kesejahteraan masyarakatnya melalui program Tanah Objek Reformasi Agraria (Tora).

Bahkan dia menekankan, supaya setiap desa bisa maju dan berkembang secara pesat, agar mampu bersaing, dan tidak lagi masuk dalam kategori tertinggal yakni dengan cara meningkatkan pembangunan.

“Disini kita menilai, kepala desa di kotim ini masih belum optimal, contohnya dalam Program Tora yang di canangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, masih saja ada desa yang tidak mendata dan mengajukan ini sangat kita sayangkan,” Ujar Sarjono, Kamis (5/4)

Legislator Partai Golkar ini juga menyebutkan, Status Kawasan Hutan dan sebagainya selama ini menjadi penghambat untuk membuka akses pengembangan pemukiman penduduk serta mata penceharian di masyarakat.

“Kalau tidak kreatif dan bijak dari sekarang, jadi jangan salahkan apabila di desa kita sendiri masih ada kawasan hutan, Program Tora ini fungsinya untuk membebaskan dari status itu, nah ini kesempatan agar peluang kerja semakin tinggi, dan kita bisa memanfaatkan lahan yang sebelumnya terjerat status kawasan,” Timpalnya.

Sarjono meminta kepada Dinas Terkair, khususnya pemverdayaan masyarakat DPMPD Kotim agar memberikan pemahaman kepada setiap desa yang masih belum mendata dan mengajukan kepada tingkat Kecamatan menyakut Program Tora dari kementrian RI ini.

“HHarus Dinas Terkait mesti kembali memberikan penyuluhan, siapa tau masih ada yang kurang faham atau mengabaikan Tora ini,” Tutupnya.(So)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: