Ratusan Pelajar Dan Mahasiswa Ikuti Sosialisasi Pemilih Pemula

BeritaKalteng, PALANGKA RAYA – Setelah bersosialisasi dengan para tokoh dan pemuda, kini giliran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, memberikan pendidikan pilkada kepada para pelajar dan mahasiswa yang ada di Kota Cantik Palangka Raya.

Sosialisasi pendidikan yang dilaksanakan di aula LPMP Palangka Raya tersebut menghadirkan sekitar 250 peserta, dari mulai pelajar SMA Sederajat hingga Mahasiswa, hadir pula anggota KPU sebagai narasumber yaitu, Wawan Wiratmaja, Ngismatul Khoiroh dan Sastriadi.

Komisioner KPU, Harmain Ibrohim, mengatakan sosialisasi kepada pemilih pemula memang sangat perlu dimana jumlahnya cukup banyak antara 20-30 persen dari pemilih pada pilkada 2018 mendatang.

“Pemilih Pemula ini sangat potensial dimana jumlah pemilihnya mencapai 20-30 persen dari jumlah pemilih keseluruhan, sehingga ini sangat perlu dilakukan sosialisasi dalam pendidikan pemilih,” jelasnya saat sambutan, Rabu (15/11).

sementara itu, Anggota KPU, Wawan Wiratmaja, yang menjadi Narasumber, menyampaikan beberapa peraturan sebagai pemilih tetap, salah satunya adalah memiliki KTP-E yang tentu usianya sudah 17 tahun.

“Untuk menjadi pemilih tetap, dan bisa mendaftarkan menjadi pemilih pada pilkada 2018 mendatang, harus berusia 17 tahun dan sudah memiliki KTP-E atau yang sudah melakkukan perekaman,” terangnya.

Dia juga, engajak kepada seluruh siswa yang hadir untuk tidak menerima berita dimedia sosial begitu saja, bisa saja itu bentuk berita hoax atau black Kampaye (Kampanye hitam), sehingga pelajar bisa membedakan antara berita bener dengan yang hoax.

“Dalam politik, sudah tentu ada persaingan sehingga ade-ade yang nantinya akan memilih pada pilkada 2018 jangan termakan oleh berita hoax yang ada di media sosial, perlu dicermati dan ditelaah kebenarannya,” jelasnya.

Dia juga mengharapkan, kepada peserta yang hadir mengikuti sosialisasi tersebut bisa membantu KPU untuk menymbungkan informasi yang diperolehnya ketika mengikuti Sosialisasi KPU.

“Kita berharap kepada semua peserta yang hadir bisa membantu KPU dalam melakukan sosialisasi terutama memberikan informasi ini kepada teman mereka yang tidak hadir dalam sosialisasi ini,” Harapnya.

Dia juga mengajak kepada seluruh pemilih pemula yang usianya sudah sampai 17 tahun agar segera melakukan perekaman KTP-E, agara bisa segera mndaftarkan diri sebagai pemilih tetap dengan menggunakan surat keteranga yang diberikan Disdukcapil.(AF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: