FOTO : Pj Bupati Katingan Saiful, saat memukul gendang rebana klasik bertanda dibukanya kegiatan FSQ tingkat Kabupaten Katingan, di Kecamatan Katingan Tengah.

Pj Bupati Saiful Buka Pelaksanaan FSQ Ke-9 Tingkat Kabupaten Katingan

BERITAKALTENG.com – KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful mengatakan, pelaksanaan Festival Seni Qasidah (FSQ) memiliki tujuan untuk menggali pontensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Katingan dari sisi seni budaya yang bersifat religius.

“Dengan segala potensi-potensi yang ada, tentu diyakini dengan sumber daya manusia yang dimiliki mempunyai daya saing baik dan kuat nantinya,” jelas Pj Bupati Katingan Saiful, saat membuka secara resmi FSQ ke-9 tingkat Kabupaten Katingan di Desa Samba Katung Kecamatan Katingan Tengah, Selasa 23 Juli 2024 malam.

Sehingga kegiatan seperti ini, diharapkan semua peserta dapat menunjukan kemampuan terbaiknya dari sisi Seni Qasidah. Akan tetapi yang juga harus diingat bahwa perlombaan bukanlah hanya mengejar prestasi semata.

“Prestasi itu adalah bagian dari harapan. Namun dari puncak semua itu adalah yang pertama kita ingin bersama-sama menjadi bagian yang menegakkan Syiar Seni Islam,”tegasnya.

Menurutnya, silahkan berlomba, berprestasi dengan sebaik-baik mungkin. Namun kita juga harus melihat bahwa semua itu adalah bagian dari keluarga besar masyarakat Kabupaten Katingan. Dimana dalam kegiatan lomba bukanlah kemenangan atau mengalahkan satu dengan yang lain menjadi tujuan.

“Tetapi, dari itu semua adalah ingin membangun kebersamaan ditengah masyarakat Katingan agar bisa merasakan kondisi yang rukun aman dan damai, serta terwujud suasana masyarakat yang sejahtera. Hal ini sebagaimana yang termaktum dalam semboyan Kabupaten Katingan Penyang Hinje Simpei,”ungkapnya..

Sementara itu, Ketua DPD Lasqi Kabupaten Katingan Endang Susilawatie, melaporkan cabang lomba FSQ ke-9 tingkat Kabupaten Katingan sebanyak 12 cabang lomba dan diikuti oleh semua kecamatan se-Kabupaten Katingan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program pokok DPD Lasqi Kabupaten Katingan, yang diharapkan akan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan Seni Qasidah di Kabupaten Katingan,” jelasnya.

Endang Susilawatie dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat mempererat Ukhuwah Islamiyah dan terlestarikannya kreasi seni budaya pesisir yang berkolaborasi dengan seni budaya daerah. Selain itu dapat menunjang program pemerintah di bidang seni budaya dari pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan moral bangsa, agama dan negara.

“Dari hasil FSQ tingkat Kabupaten Katingan ini nantinya akan dipersiapkan mengikuti FSQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: