Pentingnya Implementasi Wawasan Kebangsaan Bagi Tenaga Pendidi

PALANGKARAYA – Plh. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Herson B. Aden mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pendidik Wawasan Kebangsaan Bagi Tenaga Pendidikan Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di ruang Berkah Bersinar Abadi LT. Dasar Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Rabu (06/03/2024).

Plh. Asisten Pemkesra Setda Prov. Kalteng, Herson B. Aden, dalam sambutan tertulis Sekda Kalteng, menyoroti pentingnya pendidikan wawasan kebangsaan yang terintegrasi dengan pendidikan karakter kebangsaan.

“Benar sekali, pemahaman yang kokoh terhadap Nilai-Nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi landasan penting untuk membentuk karakter bangsa Indonesia,”ucap Herson.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan bahwa Implementasi wawasan kebangsaan bagi tenaga pendidik dapat dilakukan melalui langkah-langkah praktis.

Melalui ini sehingga pengembangan kurikulum dengan memasukkan unsur-unsur kebangsaan seperti mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dalam mata pelajaran lainnya.

“Terakhir, kolaborasi dengan komunitas dan lembaga terkait yakni berkolaborasi dengan komunitas lokal, lembaga pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat untuk mengadakan acara atau proyek bersama yang memperkuat pemahaman tentang kebangsaan dan keberagaman,” ungkapnya.

Herson menekankan bahwa harapan semua pihak adalah terbentuknya bangsa Indonesia yang memiliki pemahaman mendalam terhadap diri dan lingkungannya. Fondasi utama bagi pemahaman ini adalah Nilai-Nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti rangkaian sosialisasi dengan sungguh-sungguh, sebagai wujud dari darma bakti bersama untuk terus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya menambahkan.

Menurutnya semua ini dilakukan dalam rangka membangun kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, dengan tujuan mewujudkan Kalteng yang semakin BERKAH untuk Indonesia Maju.

Disisi lain, Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Kebangsaan, Uria Nanyu Lujen, menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan adalah untuk memberikan jaminan tercapainya kepentingan nasional, baik di dalam maupun ke luar.

“Hal ini menjadi landasan yang memberikan gambaran dan arahan yang jelas bagi kelangsungan hidup dan perkembangan bangsa serta negara di masa depan,” kata Uria.

Adapun maksud dan tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi tenaga pendidik sebagai peserta sosialisasi.

“Dengan demikian, diharapkan materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan atau Pancasila dapat lebih mudah diterima oleh siswa-siswa di sekolah masing-masing,” tutupnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: