Antisipasi Hoax, Diskominfosantik Barito Timur Pantau Medsos

Foto : Ilustrasi.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Komunikasi Informasi, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Barito Timur menghimbau warga Barito Timur khususnya pengguna sosial untuk lebih selektif dalam memilah informasi.

“Kami, Diskominfosantik Barito Timur berkomitmen untuk menangani permasalahan hoaks dengan melakukan pemantauan media dan media sosial secara aktif. Jika kami menemukan konten yang merugikan dan melanggar aturan, kami akan mengevaluasi dan mengambil langkah untuk menghapus atau menariknya,” kata Dwi Aryanto, Selasa (5/3/2024).

Langkah ini sebagai respons terhadap kekhawatiran akan potensi gangguan informasi yang dapat mempengaruhi stabilitas sosial di Kabupaten Barito Timur.

Ia menyebut bahwa pihaknya sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan aplikasi monitoring sistem deteksi konten dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), lembaga pemerintah yang fokus pada keamanan informasi dan keamanan siber.

“Dengan bergabung dalam sistem patroli siber nasional, kami berharap dapat lebih responsif dalam menanggapi konten-konten negatif, terutama yang berkaitan dengan pemilu, termasuk Pilkada Barito Timur 2024. Diskominfosantik Barito Timur akan melakukan pemantauan secara aktif dan segera mengambil langkah penanganan jika ada konten yang melanggar aturan atau berpotensi menimbulkan keresahan,” ujarnya.

Selanjutnya, Diskominfosantik menjalin kemitraan dengan sistem deteksi konten BSSN serta menunjuk petugas pengelola hoaks Barito Timur. Ada M Yudha Maulana, Zulkifli, dan Sulidia Eka Setiano.

“Nama-nama petugas pengelola hoaks Kabupaten Barito Timur telah disampaikan ke Diskominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah,” demikian, (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: