Sukseskan Program PM-MK BERKAH, Disdik Kalteng Libatkan 500 Mahasiswa TABE BERKAH

PALANGKARAYA – Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Reza Prabowo, mengatakan bahwa Pemprov Kalteng melalui Disdik Kalteng mengajak mahasiswa penerima Beasiswa Tabe Berkah untuk terlibat dalam Pengabdian Masyarakat. Ini dilakukan melalui program Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat Kalteng (PMMK) Berkah.

“Hal itu disampaikan oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, menunjukkan kepeduliannya terhadap pengentasan kemiskinan dan stunting di wilayah,”

“Beliau membuka kesempatan kolaborasi bagi mahasiswa penerima Tabe Berkah untuk bersama-sama berkontribusi Saat ini, Pak Gubernur berencana merekrut 500 surveyor untuk mendukung inisiatif ini,” kata Reza di ruang kerjanya, Rabu (21/2/2024).

Reza menambahkan, PMMK Berkah akan difokuskan pada pendataan masyarakat miskin dan sangat miskin di Kalimantan Tengah. Pendataan akan melibatkan aspek ekonomi, latar pendidikan, dan kondisi kesehatan, dengan durasi selama 60 hari.

Reza berharap data yang diperoleh dapat dipergunakan oleh Pemprov Kalteng untuk mengentaskan kemiskinan dan stunting di Kalteng.

“Perekrutan ini mendapat sambutan baik dari perwakilan Hima dan BEM, menandakan dukungan mahasiswa untuk berkolaborasi dalam PMMK Berkah,” bebernya.

Program ini lanjutnya lagi, akan melibatkan mahasiswa yang turun langsung ke lapangan untuk bertemu dengan masyarakat, menjalankan pendataan selama 2 bulan.

Lebih dalam, Reza mengumumkan bahwa Disdik Kalteng telah menetapkan 500 calon Surveyor dari mahasiswa penerima Beasiswa TABE Berkah tahun 2024. 

Seleksi dilakukan berdasarkan asal domisili pada saat pendaftaran Beasiswa Tabe Berkah. Dirinya juga menghimbau kepada calon surveyor untuk mengkonfirmasi kesediaan melalui staf Disdik Kalteng melalui Nomor WA 0852-1616-9497, atas nama Rajikin.

Pada kesempatan ini, Reza memberikan himbauan kepada calon surveyor yang sudah ditetapkan untuk segera menyiapkan diri dalam rangka membantu mensukseskan program tersebut.

Ia menambahkan bahwa mahasiswa yang juga penerima Beasiswa Tabe Berkah dan berminat untuk mengabdi dalam program ini dapat menghubungi nomor WA yang telah disediakan.

Disdik Kalteng menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung program pengabdian ini, termasuk insentif per bulan, atribut PMMK Berkah, fasilitas alat transportasi khusus pendataan di wilayah terpencil (Speed Boat, Mobil Double Gardan, Motor Trail), fasilitas pelatihan gratis, dan penghargaan berupa piagam dari Gubernur Kalteng.

Pihak kami juga akan menyediakan beberapa fasilitas, termasuk alat transportasi khusus untuk teman-teman PMMK Berkah yang akan berkegiatan di lapangan, terutama di daerah yang sulit dijangkau.

“kita akan berikan pelatihan juga bagi teman-teman, sebagai bentuk upaya agar program ini nantinya dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(Njel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: