DPRD dan Pemkab Barito Timur Tandatangani KUA PPAS 2024

Foto : Pimpinan DPRD foto bersama dengan Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan saat pengesahan KUA PPAS 2024.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Setelah melalui sejumlah pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2024, akhirnya disepakati dan ditandatangani bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Barito Timur. Pendatanganan nota kesepakatan ini dilakukan dalam rapat Paripurna, Kamis sore.

Rapat paripurna dipimipin langsung oleh Ketua DPRD Barito Timur, Nur Sulistio, didampingi Wakil Ketua I Ariantho S Nuker dan Wakil II Depe. Sementara dari eksekutif oleh Pj Bupati Barito Timur Iwan Gunawan dan seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Barito Timur.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nur Sulistio sangat mengapresiasi penyusunan struktur KUA PPAS APBD TA 2024 yang dilakukan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama banggar DPRD, karena nilai di APBD murni kurang lebih Rp. 1,2 triliun, tidak ada defisit, dan surplus Rp. 2,5 miliar.

“Ini menunjukkan adanya peningkatan dan perencanaan program yang disusun baik,” kata Nur Sulistio, Kamis (27/10/2023).

Lanjut Politisi Golkar asal Kecamatan Raren Batuah ini, pembahasan KUA-PPAS tahun anggaran 2024, dilakukan melalui rapat antara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Barito Timur dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Setelah mendapat persetujuan bersama, KUA PPAS selanjutnya ditandatangani oleh Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna.

“Nanti akan dibahas terkait kebijakan umumnya apa dan plafon anggarannya berapa,” ujarnya.

Nanti, kata Nur Sulistio, tanggal 27 hari jumat akan diadakan rapat Banmus untuk penjadwalan dan kegiatan pertama adalah rapat kerja bersama TAPD untuk menyelesaikan APBD 2024.

Sesuai undang-undang dan regulasi yang ada, sampai akhir November 2023 nanti daerah sudah harus mengesahkan APBD 2024.

“Kami optimis pembahasan APBD 2024 ini selesai tepat waktu dan disahkan,” katanya.

Kata ketua, Pj Bupati Barito Timur sangat terbuka dan fleksibel dalam menyusun APBD 2024, sehingga itu menjadi sebuah kemudahan.

“Kami juga mensupport apa yang ingin Pj Bupati rencanakan dalam APBD 2024, meskipun juga adanya untuk penyertaan modal Bank Kalteng, hibah dana Pemilu kepada KPU dan Bawaslu, serta dana pengamanan TNI/Polri untuk pemilu,” jelasnya.

Masih ditempat sama, Pj Bupati Barito Timur, Iwan Gunawan mengatat, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur (Eksekutif) mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota dewan.

“Melalui kesempatan umi, tentunya menjadi salah satu elemen penting bagi daerah dalam rangka menggerakkan roda pemerintahan. Utamanya bagi kesejahteraan masyarakat Gumi Jari Janang Kalalawah,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: