Dua Ormawa UPR Raih Hibah PPK Ormawa 2023 Kemendikbudristek

PALANGKARAYA – Dua organisasi kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil mendapatkan pendanaan dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023.

Kedua ormawa tersebut adalah UKM Lembaga Dakwah Kampus Jama’ah Shalahuddin Universitas Palangka Raya (LDK-JS UPR) dan UKM MENWA Satuan 601 Maharaya UPR, yang dinyatakan lolos seleksi nasional oleh pembelajaran Mahasisswa (BELMAWA) Kemendikbudristek.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UPR, Wijanarka, S.T., M.T menyampaikan dalam rangka mendukung Program PPK Ormawa,  Kemendikbudristek mengharapkan seluruh organisasi mahasiswa baik di tingkat Universitas maupun Fakultas untuk ikut terlibat dalam kegiatan.

“untuk meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter Pancasila, bela negara, cinta tanah air, dan kebangsaan, kepemimpinan, dan bekerja sama (team work),” kata Wijanarka.

Lanjutnya, program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

menurutnya lagi, harus diakui Respon terhadap perubahan dunia yang sangat cepat, Indonesia harus mampu menciptakan sumber daya manusia dengan karakter unggul.

Melalui pembelajaran intra-kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler, mahasiswa diharapkan menjadi insan dewasa yang memiliki kemampuan berupa hard skills dan soft skills yang seimbang dan sinergi.

“Pada akhirnya lulusan UPR diharapkan mampu menjadi agen pembangunan bangsa, dan bahkan mampu menjadi agen transformasi di kehidupan masyarakat sehingga membentuk sumber daya manusia yang berkarakter unggul melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa,” bebernya.

Sekedar menginformasikan, PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek. PPK Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi di Indonesia yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: