Pameran Nasional Seni Rupa “Lintas Warna Rupa Borneo 2023 Resmi Dibuka

PALANGKARAYA  – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Abdul Razak, mengapresiasi acara Pameran Seni Rupa tingkat Nasional,

“terlebih kita ketahui bahwa ragam karya seni yang disampaikan merupakan hasil karya pelukis Borneo,” kata Razak, Selasa (24/10/2023).

Tentu lanjut Razak menambahkan, pameran seni rupa dapat menjadi sarana yang positif untuk mendukung pengembangan seni di Kalimantan Tengah.

Selain itu, kegiatan ini dapat berperan penting dalam mempromosikan potensi seni kepada masyarakat luas, meningkatkan apresiasi terhadap seni, serta memberikan kesempatan bagi seniman lokal untuk mengekspresikan karya mereka.

“Kegiatan pameran seni rupa dapat menjadi wadah yang penting bagi para seniman untuk menampilkan karya-karyanya kepada masyarakat luas,” beber Abdul Razak.

Pameran seni rupa lukisan yang menampilkan karya dari seniman terkemuka dengan ciri khas warna dan kelokalan yang spesifik, tentu memiliki nilai estetik yang tinggi dan merupakan rasa estetik berbagai sudut.

Ia mengatakan, pameran seni rupa yang menampilkan berbagai karya lukisan dengan berbagai aliran dan teknik dari berbagai daerah, mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Yogyakarta, dan Manado, menunjukkan kolaborasi dan pertukaran ide yang kaya di antara budaya-budaya tersebut.

“Saya juga melihat lukisan-lukisan yang memamerkan keindahan alam, indra, dan pemikiran seniman adalah manifestasi dari beragam inspirasi dan ekspresi seni,” ucapnya.

Politikus senior Partai Golkar ini yakin bahwa  koleksi karya lukis dari para perupa Kalteng adalah suatu bentuk dukungan yang penting untuk pengembangan seni rupa.

Ini mencerminkan bahwa karya-karya seni dari daerah tersebut telah mencapai tingkat pengakuan dan apresiasi yang cukup tinggi, bahkan sampai dijadikan koleksi oleh berbagai kalangan.

Ia mengharapkan juga bahwa kreativitas perupa Kalteng dapat terus dikembangkan, pameran seni seperti yang disebutkan memiliki potensi besar untuk memperkaya ekspresi seni di masyarakat Kalteng dan bahkan di tingkat nasional.

“Kedepan saya rasa kegiatan yang baik seperti ini bisa berkelanjutan adalah langkah yang sangat baik untuk memastikan dampak positif yang berkesinambungan, yang artinya tidak hanya dalam suatu kegiatan tetapi hanya satu kali ini aja,” tandasnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: